PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE TAHUN PELAJARAN 2017-2018

SAHNAWI SANGADJI

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang selama ini masih berfokus pada guru. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan guru masih klasikal kurang variatif sehingga proses pembelajaran yang memusatkan pada siswa belum dimunculkan oleh guru. Model pembelajaran yang kurang tepat atau sesuai terhadap materi yang diajarkan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa.Adapun tujuan penelitian ini adalah; (1)Mengetahui penggunaan media permainan snake and ladder dapat meningkatkan aktifitas belajar dalam bahasa inggris pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2017-2018; (2)Mengetahui dengan menggunakan pembelajaran media permainan snake and ladder dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa kelas VIII-D  SMP Negeri 1 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2017-2018. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23,58% siswa memiliki aktivitas belajar yang rendah meskipun sudah meningkat dari siklus I. Aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas fisik siswa selama  pembelajaran. Beberapa  siswa memang sulit diajak untuk aktif di dalam kelas. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 93,55%.

 

Kata kunci: aktifitas, prestasi, model problem solving.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.