PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

NISWANI ABDURRAHMAN

Sari


Discovery learning merupakan model pembelajaran yang lebih menekankan pada penemuan konsep atau informasi secara mandiri oleh siswa kemudian mengorganisasi atau mengkonstruksi apa yang diketahui dan dipahami menjadi suatu bentuk akhir. Model ini merubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, serta berpusat pada siswa. Penelitian ini  bertujuan untuk menerapkan model Discovery Learning dalam peningkatan aktivitas belajar  dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMPN I Kota Ternate pada materi struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia. penelitian ini dilaksanakan di  pada semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari hasil observasi siklus I  sebesar 71,43%  meningkat menjadi 91,43% pada siklus II.  Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I sebesar 51,43% meningkat menjadi 88,57% pada siklus II. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa didukung adanya perbaikan proses pembelajaran, yang berdampak pada meningkatknya aktivitas dan hasil belajar siswa  pada materi Sistem Ekskresi pada Manusia.

 

Kata kunci: Discovery learning, aktivitas belajar, hasil belajar, sistem ekskresi, SMPN 1 Kota Ternate

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.