PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG Spirulina sp PADA PAKAN TERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN BETOK AMBON (Chrysiptera cyanea)

Afriyanti Ismail, Nursanti Abdullah, Fatma Muchdar

Sari


Ikan Betok ambon (Chrysiptera cyanea) yang juga dikenal sebagai damsel fish blue merupakan ikan hias air laut yang sangat digemari oleh masyarakat karena warnanya begitu cantik, agresif dan termasuk ikan rakus serta tahan terhadap perubahan lingkungan Ikan ini merupakan ikan hias yang terlaris di Amerika Serikat.Warna merupakan salah satu parameter dalam penentuan harga ikan hias. Semakin cerah warna suatu jenis ikan, maka semakin tinggi harganya. Spirulina merupakan mikro alga yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerahan warna ikan.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpenggunaan tepung spirulina sp pada pakan terhadap kecerahan warna ikan betok ambon (chrysiptera cyanea) dan Untuk mengetahui jumlah pemberian dosis yang tepat terhadap kecerahan warna Ikan Betok ambon (Chrysipteracyanea) Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kota Ternate, Maluku Utara. Pada bulan Agustus-September 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, rancangan acak lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. dan di Analisis menggunakan uji kruskal-wallis Adapun perlakuan yang dicobakan dalam penelitian ini sebagai berikut: Perlakuan A : 0,9 gram tepung spirulina sp dalam 100 gram pakan Perlakuan B : 1,2 gram tepung spirulina sp dalam 100 gram pakan Perlakuan C : 1,5 gram tepung spirulina sp dalam 100 gram pakan Perlakuan D : Kontrol (tanpa penambahan tepung spirulina sp). Hasil Penelitian menunjukan Penambahan tepung spirulina sp pada pakan buatan dapat memberikan perubahan kecerahan warna pada ikan betok ambon dan Dosis terbaik dalam penelitian ini terdapat pada perlakuan C dengan penambahan 1,5 gram tepung spirulina sp pada pakan buatan.
Kata Kunci: : Ikan betok ambon, warna dan tepung spirulina sp.

Teks Lengkap:

23-34

Referensi


Amin, M.I. 2012. Peningkatan Kecerahan Warna Udang Red Cherry (Neocaridina heteropoda) Jantan melalui Pemberian Astaxanthin dan Canthaxanthin dalam Pakan. Jurnal Perikanan dan Kelautan: Bandung. Universitas Padjajaran. _

Busacker, g. p, adelman, i.r, dan e m goolish, 1990. growth. in : methods for fish biology. schreck, c. b and p. b. moylg (Eds). american fisheries socciety. usa. pp 363-387

Diansari, R.R.V.R., Arini E. & Elfitasari T. (2013). Pengaruh Kepadatan yang Berbeda Terhadap Kelulusanhidupan dan Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada Sistem Resirkulasi. Journal of Aquaculture Management and Technology, 2 (3): 37 – 45.

Djajaseweka. 1985. Pakan ikan. (Makanan Ikan). Yasaguna. Jakarta. -340.

Effendie, M.I 1979. Metode Biologi Perikanan. Yayasan Dewi Sri. Bogor

Effendi, H. 2000. Telaah Kualitas Air. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Bogor.

Ensminger E, M. 2002. Sheep & Goat Dcience Sixth Edition. Interstate Publisher, Inc. Danville, Illinois.

Fitriyati, N., Odang, C., dan utomo, N.B.P.2003. Pengaruh Penambahan Spirulina platentis Dengan Kadar Berbeda Pada Pakan Terhadap Tingkat Intensitas warna Ikan Pada Ikan Koi Kohaku (Cyprinus carpio L.). Jurnal Akuakultur Indonesia, 5(1) :-4

Fujaya, Y. 2008. fisiologi ikan: dasar pengembangan teknik perikanan. pt asdi mashatya. jakarta.

Gani, A. 2012. Teknologi Budidaya Ikan Hias Laut (Chrysiptera cyanea). Balai BesarLaut Ambon. http://abganfish.blogspot.com.15/11/2014.

Kusuma, D.M. 2012. Pengaruh Penambahan Tepung Bunga Marigold Dalam Pakan Buatan Terhadap Kualitas Warna, Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Mas Koki (Carassius auratus). Jurnal Penelitian. Bandung; Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Padjajaran.

Mudjiman, A, Makanan ikan Jakarta: Penebar Swadaya, 2008

Noviyanti K., Tarsim & Maharani H. W., 2015. Pengaruh penambahan tepung spirulina pada pakan buatan terhadap intensitas warna ikan mas koki (carassius auratus) . Vol 3 No 2 februari.

Nurlisa D., 2016.Penambahan tepung spirulina sp. Dalam pakan untuk peningkatan intensitas warna dan pertumbuhan benih ikan nemo (amphiprion percula) yang dipelihara indoor. Skripsi. Universitas lampung. bandar lampung.

Puspitarini D.A., Andriyo S. 2015. Teknik Pembenihan Ikan Hias Blue Devil (Chrysiptera Cyanea) Di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampung.

Satyani, D. dan Sugito, S. 1997.Astaxanthin Sebagai Sumber Pakan Untuk Peningkatan Warna Ikan Hias. Warta Penelitian Perikanan Indonesia. 3(1):6-8.

Umar musdalifa. 2013. studi pembuatan biskuit dengan tepung ikan gabus (ophiocephalusstriatus). skripsi fakultas pertanian. universitas hasanuddin makassar.

Widodo, P., Budiman, U., dan Ningrum, M., 2007. Kaji Terap Pembesaran Ikan Papuyu (Anabas testudineus Bloch) dengan Pemberian Kombinasi Pakan Pelet dan Keong Mas dalam Jaring Tancap di Perairan Rawa. DK


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.