KELAYAKAN USAHA PRODUKSI KAPAL PERIKANAN BERBAHAN DASAR FIBERGLASS DI CV. FIBER GLASS LOUSTEDE KOTA TIDORE KEPULAUAN

Rusdiyanto Bakir, Bahar Kaidati, Fikri Rizky Malik

Sari


Kapal perikanan berbahan dasar fiberglass memiliki karakteristik yang berbeda dari aspek usaha pembuatannya, kapal fiberglass perlu dikaji untuk mengetahui kelayakan usaha produksi kapal fiberglass yang lebih menguntungkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan1),Mendeskripsikan usaha produksi kapal fiberglass di CV.Fiberglass Loustede 2), Menganalisis kelayakan usaha produksi kapal Perikanan berbahan fiberglas. Metodeanalisis yang digunakan adalah metode diskriptif untuk menjelaskan kapal yang diproduksi oleh CV, Fiberglass Loustededan menganalisis kelayakan ekonomi, menganalisis kriteria kelayakan R/C ratio, Keuntungan ,PP, NPV, IRR.Mengetahui kelayakan usaha pembuatan kapal fiberglass. Metode analisis yang digunakan adalah metode diskriptif untuk menjelaskan kapal berukuran satu yang diproduksi oleh CV, Fiberglass Loustededan menganalisis kelayakan ekonomi, menganalisis kriteria kelayakan Keuntungan,R/C ratio,NPV, IRR, PP. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwaCV. fiberglass loustede memproduksi 3 jenis kapal terdiri dari 4 GT yang digunakan untuk operasi mini porse sine,2 GT yang digunakan untuk penangkapan ikan tuna , dan 1 GT yang biasa disebut dengan katinting. Jumlah kapal yang diproduksi dalam satu tahun sebanyak 67 unit, terdiri dari kapasitas 4 GT Sebanyak 15 unit kapasitas 2 GT Sebanyak 22 unit dan kapasitas 1 GT Sebanyak 30 unit, Sementara ituUsaha pembangunan kapal berbahan fiberglass oleh CV. Fiberglass Loustede layak untuk dikembangkan karena memenuhi keriteria kelayakan usaha, yaitu keuntungan Rp. 232.657.381. per tahun, nilaiR/C 1,1, nilai NPV Rp. 294.317.761,06 nilai IRR 43 % dan nilai Payback Period 0,99, Dari Ke Lima Keriteria Tersebut Usaha Produksi kapal Layak Untuk di Kembangkan.
Kata kunci: kelayakan usaha, produksi kapal fiberglass.

Teks Lengkap:

Pdf

Referensi


Andarto E. dan Sutedjo D. 1993. Proses Perencanaan Kapal Tuna Long Line Surabaya.72 hal

Ayodhyoa.1972. Suatu Pengenalan Tentang Kapal Ikan. Fakultas Perikanan. Instititut Pertanian Bogor. Bogor .97 hal.

Boxton K. 1987. Enginering Economics and Ships Design. School of Marine Technology University of Newcastle. Upon Tyne. UK. 231 hal.

Browon K. 1957. Kpal-Kapal Kayu Untuk Perikanan Laut. Jawatan Perikanan Laut. Jakarta. 57 p.

[DJPT] Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. 2004. Statistik Perikanan Tangkap Indonesia 2003. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Effendy,Onong Uchana. Komunikasi(Teori Dan Praktek). Bandung. Remaja Rosdakarya.2006

[FAO] Food and Agriculture Organization. 1996. Regional Guidelines for Responsible Fisheries in Shoutheast Asia, Responsible Fishing Operasional. Shutheast Asian Fisheries Development Center. 12 p.

Fyoson. 1985. Design of Small Fishing Vessels. Fishing News (Books) Ltd. Farm. Surrey. England. 320 p.

F.L,Whitney.1960.The Elements of Resert.Asian Eds. Osaka: Overseas Book Co.

Gilmer T C and Johnso B. 1982. Introduction to Naval Architecture. Naval Institute Press. Annapolis, Maryland.

Haygreen J G and Bowyer J L. 1982. Forest Products and Wood Science, an Introduction. Diterjemahkan oleh A. H. Sutjipto, 1993. Gadjah Mada University Press. Yogya . 719 hal.

Iskandar B H. 1997. Studi tentang Desain Kapal Kayu Mina Jaya BPPT 01. Tesis pada Program Pascasarjana IPB. Bogor. 102 hal.

Khaerul Anwar. 2012. Analisis Produksi Kapal Perikanan Berbahan Dasar Kayu Dan Fiberglass (skripsi). Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB. Bogor.

Kadariah. et al. 1999. Pengantar Evaluasi Proyek. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Muhammad Nazir, 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nanda Andesan. 2004. Pengukuran dan Penggunaan GT Kapal Ikan di Indonesia. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan, institut Pertanian Bogor. Bogor . 75 hal.

Nomara M Yamazaki T. 1977. Fishing Techniques I. Japan International Cooperation Agency. Tokyo. 206 p.

Nofrizal. 1998. Konstruksi kapal perikanan trammel net di Kecamatan Rangsang, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Skripsi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.