VIDEO PEMBELAJARAN IPA SD/MI BERBASIS SUMBER DAYA ALAM LOKAL KOTA TERNATE
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Majid 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Agus Santoso. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian. 14(I). Hlm. 1-17.
Agustania, A. (2014). PengembanganVideoPembelajaranPada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih.(Skripsi)Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fak. Teknik Universitas NegeriYogyakarta.
Ahmadi, Amri & Elisah T (2012). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Amin Z dan Bahar A (2014). Tuberkulosis Paru. Dalam : Setiati S, Alwi I, Sudoyo AW, Simadibrata M, Setiyohadi B, Syam AF (eds). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I. Edisi ke 6. Jakarta : Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI, pp: 863-882.
Amin, Choirul. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Amin, M. dan Lestari, U. 2014. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang
Amin, M. dan Lestari, U.2014. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur Dan Nusatenggara Barat berbasis Mikrosatellite sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau secara EX SITU. Makalah Seminar Nasional Biologi. FMIPA UM.
Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No.10 Tahun ke-7 (2008) 11-21.
Asmani, Jamal M. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: Diva Press
Cheppy Riyana. 2007 . Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
Dantes, Nyoman. 2008. Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses Dan Produk Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Kompetensi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Daryanto 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Dikmenum. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas, 2004.
Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2001). Pedoman Pembinaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan di Sekolah. Jakarta: Dikdasmen. Dongko trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi)ProgramStudi PendidikanBiologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia UN Pgri Kediri.
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21, 269–284. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/163709-ID-integrasi-teknologi-informasi-komunikasi.pdf
Grant, Wiggins. 1990. The Case for Authentic Assesment. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2016 Guides to Assessment in Education Science.London: Macmillan Education Herman, J.L. et al.(1992).
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara
Hamzah B. Uno dan Satria Koni.(2012). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Handzik, R.C. (2015).Pengembangan Video PembelajaranSuksesiEkosistem Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 ( 2477-4820 ).
Hart, Diane. 1994. Authentic Assesment: A Handbook for Educators. Addison-Wesley Publishing Company.
Husain, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio
ICT Literacy Panel. (2002). Digital Transformation: A Framework for ICT Literacy. A Report of the International ICT Literacy Panel.Educational Testing, 1. Retrieved from http://www.ets.org/research/ictliteracy
Irawan, A.(2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe & Yoghurt. Artikel Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas NegeriMalang, 3.
Karimah, N. (2010). Pengembangan Video Pembelajaran Ekosistem Mangrove Sebagai Sumber Belajara Siswa Smp Pada Materi Ekosistem. Skripsi Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang.
Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI. (2004). Sejarah Pendidikan Lingkungan Hidup di Indonesia.
Kerka, Sandra. 1995. Technique for Authentic Assesment. Diakses dari internet pada tanggal 5 Oktober 2003.
Majid, Abdu. 2007. Perencanaan Pembelajaran Bahan Ajar. Bab V. Malang; LKP2
Marlina, R. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol. 10 No. 1, hlm. 1052 – 1060.
Muhaimin, 2008. Modul Wawasan Tentang Pengembangan Bahan Ajar. Bab V. Malang; LKP2
Mumpuni, K. E. 2005. Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia. Malang: Pendidikan Biologi Program PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.
Mustabsyirah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum BiologiBerbasis Videopada MateriSistem Pencernaan Di KelasXIIPA MAN2SinjaiUtara Kabupaten Sinjai.(Skripsi)FakultasTarbiyah Dan KeguruanUniversitas Islam Negeri(UIN)AlauddinMakassar.
Mustabsyirah.2017.“Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Video Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI Ipa Man 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai†Skripsi. Makasar.
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nurhariyanti,shinta.2011. Pengembangan Piranti Penyusun soal Ujian Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama.(online).05 November 2012 (06:48). UGM: Yogyakarta
Pedoman Penilaian Pembelajaran (draft) 2013. Pendidikan.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Petunjuk Teknis Pengembangan Penilaian Pembelajaran (draft) 2013
Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Purwanto, N. (2002). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya,
Putri, G. L. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN1Selat. Jurusan Tekn. Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,2.
Putri, Nadya. 2012. “Efektivitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solokâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Volume 1, No 2 Tahun 2012, h.321).
Rahmawati, Ira dan Suwanda, I Made. 2015. “Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa melalui Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 28 Surabayaâ€. Junal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 01 Nomor 03. Hal. 71-88
Ramlan, Mohammad. 2002. “Pemanasan Global (Global Warming)â€. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol.3, No. 1. Hal 30-32
Rolheiser, C. & Ross, J. A. (2005) Student Self-Evaluation: What Research Says and What Practice Shows. Internet download.
Rusman. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sadirman, Arif S. 2002. Media Pendidikan: Penfertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santoso, Agus Muji. 2010. Konsep Diri melalui Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal sebagai Model Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join ConferenceUPI & UPSI. Bandung: UPI
Santoso, Agus Muji. 2010. Konsep diri Melalui pendidikan Berbasis keunggulan Lokal Sebagai Model Pendidikan Karakter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010
Sofiana, Y. (2014). Pengaruh Revolusi Industri Terhadap Perkembangan Desain Modern. HUMANIORA, 5(2), 833–841.
Suastra, I.W.2005. MerekonstruksiSains Asli(Indigenous Science)dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah.Jurnal PendidikandanPengajaranIKIP Negeri Singaraja.
Sulastri, T. (2016). Penerapanmetode Discovery Learningberbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Pada Siswa Kelas VIIC SMPN3
Sulastri. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPA Materi Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 49–58
Susilana Rudi, Riyana Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Thammasaeng, P., Pupat, P., & Petchaboon, S. (2016). Needs assessment of information and communication technology literacy (ICT literacy) of students in secondary educational service area. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(12), 9–13. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i12.5798
Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta.
Undang-undang No.4 Tahun 1982 Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta
Wardi, I Nyoman. 2011. “Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya: Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan di Baliâ€. Jurnal Bumi Lestari, Universitas Udayana. Vol.11 No.1 Hal.167-177
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wibowo, Hendro Ari. 2012. Kearifan Lokal dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Yulianti 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPS Mengenai Jasa dan Peran Tokoh dalam Proklamasi Kemerdekaan. Program studi PGSD FKIP Universitas Pasundan Bandung. Skripsi Tidak dipublikasikan.
Yulianti,C.(2014). Respon SiswaTerhadap Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Artikel Film dokumenter, motivasi belajar, sikap siswa terhadap kepedulian lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung pura Pontianak.
DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v11i2.2362
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | HUMANO: Jurnal Penelitian |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun |
Address | Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
humano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/humano |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.