VIDEO PEMBELAJARAN IPA SD/MI BERBASIS SUMBER DAYA ALAM LOKAL KOTA TERNATE

Ade Haerullah, Darmawati Hadi

Sari


Proses pembelajaran sangat membutuhkan bahan ajar dan media sebagai alat untuk menyampaikan informasi dan pesan dari guru kepada siswa. Keunggulan media audio visual berupa video pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal dapat menjembatani keterbatasan pengalaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru, serta memberikan pengalaman yang kontekstual kepada siswa. Selain itu, keunggulan media video juga memicu keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran pada materi atau konsep yang diajarkan oleh guru, mendorong munculnya pola pembelajaran yang bervariasi, dan sekaligus menciptakan pesan yang disampaikan oleh guru sulit dilupakan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran IPA SD/MI berbasis sumber daya alam lokal kota Ternate. Tipe penelitian ini merupakan adalah penelitian survey dan pengembangan (Research of Development) yaitu jenis penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Hasil valadasi ahli materi, pembelajaran, media dan pengguna menunjukkan bahwa rata-rata menyatakan valid. Dengan demikian maka hasil pengembangan video pembelajaran berbasis sumber daya alam lokal kota Ternate dapat dinyatakan layak untuk digunakan oleh guru maupun siswa sebagai bahan dan sumber pembelajaran IPA SD/MI.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Agus Santoso. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian. 14(I). Hlm. 1-17.

Agustania, A. (2014). PengembanganVideoPembelajaranPada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di SMK Negeri 1 Pengasih.(Skripsi)Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fak. Teknik Universitas NegeriYogyakarta.

Ahmadi, Amri & Elisah T (2012). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu.Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Amin Z dan Bahar A (2014). Tuberkulosis Paru. Dalam : Setiati S, Alwi I, Sudoyo AW, Simadibrata M, Setiyohadi B, Syam AF (eds). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I. Edisi ke 6. Jakarta : Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI, pp: 863-882.

Amin, Choirul. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam 4: untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Amin, M. dan Lestari, U. 2014. Pemetaan Keragaman Genetik Berbasis Mikrosatellite dan Diversitas Geografis Habitat Kerbau Lokal Indonesia dengan Gen Cytochomre B sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau Secara Ex Situ dan Upaya Pembibitan Unggul. Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang

Amin, M. dan Lestari, U.2014. Identifikasi Keragaman Genetik Kerbau Lokal Populasi Jawa Timur Dan Nusatenggara Barat berbasis Mikrosatellite sebagai Model Pengembangan Konservasi Kerbau secara EX SITU. Makalah Seminar Nasional Biologi. FMIPA UM.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. No.10 Tahun ke-7 (2008) 11-21.

Asmani, Jamal M. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: Diva Press

Cheppy Riyana. 2007 . Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Dantes, Nyoman. 2008. Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses Dan Produk Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Kompetensi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Daryanto 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Dikmenum. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas, 2004.

Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2001). Pedoman Pembinaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan di Sekolah. Jakarta: Dikdasmen. Dongko trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi)ProgramStudi PendidikanBiologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia UN Pgri Kediri.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21, 269–284. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/163709-ID-integrasi-teknologi-informasi-komunikasi.pdf

Grant, Wiggins. 1990. The Case for Authentic Assesment. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2016 Guides to Assessment in Education Science.London: Macmillan Education Herman, J.L. et al.(1992).

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Hamzah B. Uno dan Satria Koni.(2012). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Handzik, R.C. (2015).Pengembangan Video PembelajaranSuksesiEkosistem Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 ( 2477-4820 ).

Hart, Diane. 1994. Authentic Assesment: A Handbook for Educators. Addison-Wesley Publishing Company.

Husain, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio

ICT Literacy Panel. (2002). Digital Transformation: A Framework for ICT Literacy. A Report of the International ICT Literacy Panel.Educational Testing, 1. Retrieved from http://www.ets.org/research/ictliteracy

Irawan, A.(2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe & Yoghurt. Artikel Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas NegeriMalang, 3.

Karimah, N. (2010). Pengembangan Video Pembelajaran Ekosistem Mangrove Sebagai Sumber Belajara Siswa Smp Pada Materi Ekosistem. Skripsi Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang.

Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI. (2004). Sejarah Pendidikan Lingkungan Hidup di Indonesia.

Kerka, Sandra. 1995. Technique for Authentic Assesment. Diakses dari internet pada tanggal 5 Oktober 2003.

Majid, Abdu. 2007. Perencanaan Pembelajaran Bahan Ajar. Bab V. Malang; LKP2

Marlina, R. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, Vol. 10 No. 1, hlm. 1052 – 1060.

Muhaimin, 2008. Modul Wawasan Tentang Pengembangan Bahan Ajar. Bab V. Malang; LKP2

Mumpuni, K. E. 2005. Potensi Pendidikan Keunggulan Lokal Berbasis Karakter dalam Pembelajaran Biologi di Indonesia. Malang: Pendidikan Biologi Program PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.

Mustabsyirah. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum BiologiBerbasis Videopada MateriSistem Pencernaan Di KelasXIIPA MAN2SinjaiUtara Kabupaten Sinjai.(Skripsi)FakultasTarbiyah Dan KeguruanUniversitas Islam Negeri(UIN)AlauddinMakassar.

Mustabsyirah.2017.“Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Biologi Berbasis Video Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas XI Ipa Man 2 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai†Skripsi. Makasar.

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nurhariyanti,shinta.2011. Pengembangan Piranti Penyusun soal Ujian Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama.(online).05 November 2012 (06:48). UGM: Yogyakarta

Pedoman Penilaian Pembelajaran (draft) 2013. Pendidikan.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Petunjuk Teknis Pengembangan Penilaian Pembelajaran (draft) 2013

Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, N. (2002). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya,

Putri, G. L. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN1Selat. Jurusan Tekn. Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,2.

Putri, Nadya. 2012. “Efektivitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan Di SDLB 20 Kota Solokâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Volume 1, No 2 Tahun 2012, h.321).

Rahmawati, Ira dan Suwanda, I Made. 2015. “Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa melalui Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 28 Surabayaâ€. Junal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 01 Nomor 03. Hal. 71-88

Ramlan, Mohammad. 2002. “Pemanasan Global (Global Warming)â€. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol.3, No. 1. Hal 30-32

Rolheiser, C. & Ross, J. A. (2005) Student Self-Evaluation: What Research Says and What Practice Shows. Internet download.

Rusman. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sadirman, Arif S. 2002. Media Pendidikan: Penfertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, Agus Muji. 2010. Konsep Diri melalui Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal sebagai Model Pendidikan Berkarakter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join ConferenceUPI & UPSI. Bandung: UPI

Santoso, Agus Muji. 2010. Konsep diri Melalui pendidikan Berbasis keunggulan Lokal Sebagai Model Pendidikan Karakter dan Berbudaya Bangsa di Era Global. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010

Sofiana, Y. (2014). Pengaruh Revolusi Industri Terhadap Perkembangan Desain Modern. HUMANIORA, 5(2), 833–841.

Suastra, I.W.2005. MerekonstruksiSains Asli(Indigenous Science)dalam Upaya Mengembangkan Pendidikan Sains Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah.Jurnal PendidikandanPengajaranIKIP Negeri Singaraja.

Sulastri, T. (2016). Penerapanmetode Discovery Learningberbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Pada Siswa Kelas VIIC SMPN3

Sulastri. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPA Materi Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 49–58

Susilana Rudi, Riyana Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Thammasaeng, P., Pupat, P., & Petchaboon, S. (2016). Needs assessment of information and communication technology literacy (ICT literacy) of students in secondary educational service area. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(12), 9–13. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i12.5798

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta.

Undang-undang No.4 Tahun 1982 Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta

Wardi, I Nyoman. 2011. “Pengelolaan Sampah Berbasis Sosial Budaya: Upaya Mengatasi Masalah Lingkungan di Baliâ€. Jurnal Bumi Lestari, Universitas Udayana. Vol.11 No.1 Hal.167-177

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wibowo, Hendro Ari. 2012. Kearifan Lokal dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Yulianti 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran IPS Mengenai Jasa dan Peran Tokoh dalam Proklamasi Kemerdekaan. Program studi PGSD FKIP Universitas Pasundan Bandung. Skripsi Tidak dipublikasikan.

Yulianti,C.(2014). Respon SiswaTerhadap Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Artikel Film dokumenter, motivasi belajar, sikap siswa terhadap kepedulian lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung pura Pontianak.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v11i2.2362

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.