UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DI SISWA KELAS A PAUD TUAN GURU ALIM KOTA TERNATE
Sari
Usaha untuk meningkatkan keaktifan belajar sangatlah penting dilakukan oleh guru, untuk proses belajar mengajar yang efektif perlu adanya cara berpikir secara terarah dan jelas akan apa yang dipelajari banyak permasalahan yang muncul perlu adanya pembaharuan-pembaharuan dilingkungan pendidikan agar siswa dapat lebih aktif disinilah peran pendidikan semakin tergantung pada kualitas guru. Berdasarkan observasi awal terdapat 6 anak dari 8 anak yang belum memiliki kemampuan berbicara dengan baik, maka peneliti mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media boneka tangan, dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tersebut membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat, strategi pembelajaran adalag cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pelajaran dengan tujuan memudahkan peseta didik dalam menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dengan rumusan masalah, Apakah media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok A pada Paud Tuan Guru Alim Kota Ternate?, dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuam berbicara anak melalui media boneka tangan. Ketrampilan berbicara pada anak usia dini Berbicara adalah proses komunikasi atau penyampaiyan maksud atau tujuan, Soemarjadi, dkk, 1992: 2).  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokuentasi, dan teknik analisis data , mendeskripsikan hasil penenlitian dan menggunaka persentase untukmengukur tingkat kemampuan anak dalam berbicara hasil penelitian kegiatan awal yaitu berbicara dan peneliti memandu satu persatu. ternyata dalam pembelajaran masih perlu perbaikan hal ini terlihat pada hasil observasi baru terdapat 5 siswa,  memperoleh nilai 45 atau (56%) dan 1 siswa memperoleh nilai 22 atau 27% sedangkan 5 lainnya masih kategori belum berkembang (BB). Kemudian pada siklus II sudah mulai menunjukan peningkatan yang signifikan hal ini terlihat dari hasil observasi dan hasil refleksi pertemuan pertama pada siklus II yaitu terdapat 11 siswa dari 7 siswa yang mengalami kemajuan dengan memeroleh nilai 75 atau (95,75%), dan dilihat dan 2 siswa lainnya memperoleh nilai 40 atau 50%
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/humano.v11i2.2507
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | HUMANO: Jurnal Penelitian |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun |
Address | Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
humano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/humano |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.