PENGEMBANGAN PUSAT INFORMASI WISATA (TOURISM INFORMATION CENTER) KASTELA DI PULAU TERNATE

Sunaidin Ode Mulae, Jainul Yusup

Sari


PKM mefokuskan pada satu objek wisata yang ada di kelurahan Kastela, kecamatan Pulau Ternate agar mampu menjawab dan mandorong sektor pariwisata menjadi solusi peningkatan ekonomi masyarakat di kelurahan kastela. Hal ini menjadi alasan karena tim berdasarkan survei objek wisata kastela belum melihat ada kemajuan dan kesejahteraan pada masyarakat terhadap sektor pariwisata. Padahal, kalau dikembangkan secara baik dan benar sektor pariwisata di kelurahan Kastela dapat meningkatkan ekonomi kesejahteraan masyarakat. Tujuan PKM ini adalah terdapatnya pusat inormasi wisata yang disediakan pada objek wisata Kastela. Terbentuknya masyarakat sadar wisata dalam komunitas kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Peningkatan SDM Masyarakat Objek Wisata Kastela agar mampu secara ekonomi untuk kehidupannya di dalam mengelola Objek Wisata. Tahapan PKM ini yakni Survei objek sejarah Kastela, Pertemuan bahas keberanjutan objek wisata kastela, Pelatihan tata kelola pusat informasi pariwisata, Publikasi wisata Kastela, Festival wisata Kastela. Luaran PKM ini adalah Jurnal/publikasi objek wisata Kastela Memiliki pengurus Pusat Informasi Pariwisata (Tourism Information center) event/festival wisata castela. Metode yang digunakan pada PKM ini adalah Metode pelaksanaan yang diterapkan dalam PKM ini yakni metode Community based tourism, pendampingan, dan pelatihan. Hasil menunjukan bahwa PKM ini mampu membuat pemetaan potensi kastela dan mengidentifikasi potensi objek wisata. Simpulan yang dapat diambil pada kegiatan PKM ini adalah potensi objek wisata Kastela memiliki kekuatan dan kelemahan untuk dapat dikembangkan. Kastela memiliki dua objek unggulan yakni objek wisata Pantai Gamlamo dan Benteng Castela. Dua objek ini memiliki sejumlah atraksi, amenitas, aksebilitas yang belum secara baik dikelola oleh masyarakat dan Dinas Pariwisata Kota Ternate.

Kata Kunci


Pengembangan,Wisata, Kastela

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sudana, I Putu. 2013. Strategi Pengembangan Desa Wisata Ekologis Di Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Jurnal Analisis Pariwisata, Universitas Udayana, volume 11, nomor 1, halaman 11-31.

Shulda, I Nyoman. 2016. Buku Bantu Pengelolaan Pembangunan Desa

______________Pedoman Kuliah berkarya bermasyarakat Tahun 2016-2017.

Suryawan, Ida Bagus. 2013. Pengelolaan Potensi Ekowisata Di Desa Cau Belayu Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Jurnal Analisi Pariwisata, Universitas Udayana,Volume 11, Nomor 1, halaman 106-111.

Suryadi, Bambang. 2016. Pengembangan Ekowisata Pantai Sebagai Deversifikasi Mata Pencaharian. Jurnal Pesona Pariwisata, Universitas Merdeka Malang, Volume 18, Nomor 1, halaman 20-39.

Singgi, Mohamad Nur. 2016. Perencanaan dan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Dengan Model Partisipatory Rural Apprasial (Studi Perencanaan Desa Wisata Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jurnal Pesona Pariwisata, Universitas Merdeka Malang, Volume 18, Nomor 1, halaman 85-106.

LPPM & P2KM Universitas Khairun.

______________.2015.Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan & Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa. Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

https://haltengkab.bps.go.id Halaman | 58), diakses, Minggu, 9 Februari 2020, pukul: 12.00 WIT

https://www.instagram.com/kubermaskastela_2020/, diakses Minggu 9 Februari 2020, pukul: 12.30




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v11i1.2545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.