KEKERABATAN BAHASA NON-AUSTRONESIA DI HALMAHERA BARAT (BAHASA SAHU, WAIOLI, GAMKONORA, IBO, TOBARU, LOLODA) BAHASA TERNATE DAN BAHASA TIDORE

Sunaidin Ode Mulae, Dahrun Sarif

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekerabatan bahasa-bahasa rumpun non-Austronesia di Halmahera Barat (bahasa Sahu, Waioli, Gamkonora, Ibo, Tobaru, Loloda), dan bahasa Ternate dan bahasa Tidore.  Penelitian ini menggunakan metode leksikostatistik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan mengumpulkan sumber tertulis berupa kamus bahasa daerah. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis mencari kesamaan dan kemiripan leksikal kosa kata berkerabat.  Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Bahasa Ternate dan bahasa Tidore memiliki persamaan kosakata dasar 66, kemiripan 47, perbedaan 60 dengan tingkat kekerabatan bahasa 188,4%, dengan begitu bahasa Ternate dan bahasa Tidore berada pada tingkat bahasa (language). Bahasa Sahu dan bahasa Waioli memiliki persamaan 51, kemiripan 60, perbedaan 82 dengan tingkat kekerabatan bahasa 124,17%, sehingga bahasa Sahu dan bahasa Waiolo berada pada bahasa (language). Bahasa Gamkonora dan bahasa Ibo memiliki persamaan 27, kemiripan 32, perbedaan 130 dengan tingkat kekerabatan bahasa 51,61%, dengan demikian bahasa Gamkonora dan bahasa Ibo berada pada rumpun bahasa (stock). Bahasa Tobaru dan bahasa Loloda memiliki persamaan 3, kemiripan 14, perbedaan 176 dengan tingkat kekerabatan bahasa 10,95%, sehingga bahasa Tobaru dan bahasa Loloda berada pada tingkat mikrofilum. Simpulan pada penelitian ini adalah kekerabatan bahasa-bahasa non-Austronesia di kabupaten Halmahera barat seperti bahasa Sahu dan bahasa Waioli masuk pada kategori bahasa, bahasa Gamkonora dan bahasa ibo (ibu) masuk pada kategori keluarga bahasa, dan bahasa Loloda dan bahasa Tobaru masuk pada kategori mikrofilum, bahasa Ternate dan bahasa Tidore masuk pada kategori bahasa.


Kata Kunci


Kekerabatan, Bahasa non-autronesia, rumpun bahasa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Crystal, David. 2000. Language Death. Cambaridge: Cambridge University Press.

Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ibrahim, Gufran Ali. 2011. Bahasa Terancam Punah:Fakta, Sebab-Musabab,Gejala dan Strategi Perawatannya. Makalah Linguistik Indonesia, Tahun ke-29, No. 1 Februari 2011. Universitas Khairun Ternate.

Ibrahim, Gufran Ali. 2008. “Pemetaan Bahasa Daerah di Maluku Utara : Sebaran, Wilayah Pakai dan Pola Penggunaan”.Makalah Penelitian Fakultas Sastra dan Budaya: Universitas Khairun.

Ibrahim, Gufran Ali. 2008. Bahasa Terancam Punah: Fakta, Sebab Musabab, Gejala, dan Strategi Pemertahanannya. Makalah yang disampaikan pada Kongres Bahasa di Jakarta, Oktober 2008.

Irawan, Yusuf. 2008. Pergeseran Bahasa (di Kota Bandung) dan Beberapa Saran Upaya Pemertahanan Bahasa Daerah. Makalah yang disampaikan pada Kongres Bahasa di Jakarta, Oktober 2008.

Kridalaksana, Harimurti. 1994. Kelas Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Nirwana, dkk. 2014. Talai dan Padisua Menggagas Strategi Pelestarian Bahasa Suku Minoritas di Halmahera Barat. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Ternate: LPPM Unkhair.

Sunaidin, dkk. 2011. Model Pengembangan Bahasa Kao Dampak dari kepunahan Penutur Asli. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan).Ternate: LPPM Unkhair.

Sunaidin. 2014. Pengantar Morfologi Bahasa Etnik Kao dan Bahasa Melayu Ternate. Yogyakarta: Morfolingua.

Sudaryanto.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Pengantara Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Simon, Grace, dkk . 2015. Kekerabatan Bahasa Alune dan Bahasa Wemale (Kajian Linguistik Historis Komparatif). Jurnal: Kajian Linguistik,Tahun II, No.3, Februari 2015.

Wartono. 2013. Leksikostatistik dan Glotokronologi Bahasa Batak: Hubungan Kekerabatan Bahasa Batak Dialek Toba, Simalungun, Mandailing dan Karo. Jurnal 9Medan Makna, Volume XI, No. 1. Tahun 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v12i2.3281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




     

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HUMANO: Jurnal Penelitian

ISSN 1978-6115 (Print)

ISSN 2597-9213 (Elektronik)

Published by: LPPM Universitas Khairun

Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara

Email: humano@unkhair.ac.id

URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index

 

Flag Counter 

 

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.