Pembelajaran IPA Terpadu Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Sebagai Solusi Untuk Meningkatkat Hasil Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sahabat Cendikia Kota Ternate

Jailan Sahil, Ade Haerullah, Jasia Pagala

Sari


Dualisme antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum menjadi akar permasalahan pembelajaran di madrasah. Praktik pembelajaran ini menghasilkan lulusan yang belum seimbang antara aspek intelektual maupun spiritual. Disamping itu, dualisme ilmu bertentangan dengan nilai tauhid dalam Islam. Pengintegrasian nilai-nilai Islam selama proses pembelajaran diharapkan mampu menjadi solusi atas dualisme pembelajaran di madrasah. Penelitian quasi experiment dengan Pretest-Posttest Non-Equivalent Design ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran integratif (Biologi+ilmu agama Islam) terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa MTs Sahabat Cendikia di Kota Ternate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sahabat Cendikia Kota Ternate Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Analysis of covariance dilakukan untuk membandingkan pengaruh antara model pembelajaran integratif dengan pembelajaran non integratif. Efektifitas masing-masing model pembelajaran diukur berdasarkan uji gain score. Seluruh proses dilakukan pada kelas VII. Hasil analisis ancova memberikan informasi bahwa siswa yang menjalani pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Islam pada kelasVII, menunjukkan capaian hasil belajar yang secara signifikan lebih baik dibandingkan siswa yang menjalani pembelajaran non integratif. Efektifitas pembelajaran integratif dibandingkan pembelajaran non integratif pada kelas VII,  sebesar 30.0%.

Kata Kunci


Pembelajaran IPA Terpadu; Integrasi nilai Islam; Hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Adams, N., Herzog, L., dan Marshall, K. (2016). Case Study Modernizing Islamic Education: The Cases of Bangladesh and Senegal. Berkley Center Georgetown University.

Gillies, R. 2003. The behaviours, interactions, and perceptions of junior high school students during small-group learning. Journal of Educational Psychology, 95: 137-147

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihsan. 2012. Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Aliyah di Kudus. Jurnal Nadwa, (6) 1: 115-136

Iryani, E. 2017. Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, (17) 3: 66-83.

Istikomah. 2017. Integrasi Ilmu sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal. Presented at Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS).

Jakaria, M., 2012. Contribution of madrasah to the development of the nation character, International Journal of Scientific & Technology Research, 11(1): 37-39.

Jumrah. 2012. Problematika Dikotomi Kurikulum Mata Pelajaran Umum dan Mata Pelajaran Agama di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Tesis, Universitas Islam Negeri Alauddin.

Muspiroh, N. 2013. Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). IIP, XXVIII(3): 484 – 498.

Nawawi, M.K., Utami, I.R., Triwoelandari, R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama terhadap Pengembangan Karakter Mandiri Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, (5) 1: 58-71.

Onasanya, S.A. and Omosewo, E.O., 2011.Effect of Improvised and Standard Instructional Materials on secondary school students Academic performance in Physics in Illorin, Nigeria.Singapore, Journal of Scientific Research, (1):68-76.

Purwati, N., Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mahanal, S. (2018). Increasing Islamic Junior High School Students Learning Outcomes through Integration of Science Learning and Islamic Values. International Journal of Instruction, 11(4), 841-854. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11453a.

Shihab, M.Q. 1996. Membumikan AL-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Steiner, K. 2011. Madrasah in Singapore: Tradition and modernity in religious education, Intellectual Discourse, 19(1): 41-70.

Stephen, A., Adalikwu.,Iorkpilgh, I.T. 2013. The Influence of Instructional Materials on Academic Performance of Senior Secondary School Students in Chemistry in Cross River State, Global Journal of Educational Research, (12): 39-45.

Suyatno. 2012. Dekonstruksi Pendidikan Islam sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, (1) 1: 121-140.

Sumardi. (20140 Perbandingan Pendidikan Madrasah Aliyah dan Sekolah Menegah Umum [Comparison of Education between Madrasah Aliyah and Public Senior High Schools], (Online), (http://sumardimenulis.blogspot.go.id), accssed on 4 February 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v12i2.3539

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




     

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HUMANO: Jurnal Penelitian

ISSN 1978-6115 (Print)

ISSN 2597-9213 (Elektronik)

Published by: LPPM Universitas Khairun

Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara

Email: humano@unkhair.ac.id

URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index

 

Flag Counter 

 

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.