HAK-HAK PEREMPUAN DALAM KONSTRUKSI BUDAYA TERNATE

Dahrun Sarif, Umar H Rajab

Sari


ABSTRAK. Kebudayaan  Ternate tentunya memiliki  pemahaman, konsep, nilai, serta praktek tersendiri  tentang hak perempuan. Konstruksi budaya  itu tentunya tidak dapat dilepaskan dari ideologi  patriarki yang telah membudaya dalam kehidupan masyarakat secara umum.  Konstruksi budaya  patriarki dinilai masih kurang memberi ruang pada perempuan untuk memperoleh hak-haknya sebagai manusia. Akibatnya hak-hak perempuan rentan  terabaikan.   Perempuan  dikonstruksi memiliki kewajiaban yang jauh lebih banyak dari pada haknya.    Ideologi patriarki  adalah hasil konstruksi budaya sehingga  hal itu dapat ditafsir ulang  atau direkonstruksi untuk mewujudkan tatanan  budaya Ternate baru yang berkeadilan gender (gender equality). Tatanan baru ini  diharapkan dapat memenuhi hak-hak perempuan  yang sudah didambakan sejak dulu.


Kata Kunci


Kata kunci, hak-hak perempuan, budaya , ideologi patriarki.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adji, dkk. 2009. “Konstruksi Relasi Laki-laki dan Perempuan dalam Sistem Patriarki (Kajian terhadap Karya Djenar Maesa Ayu dengan Pendekatan Feminisme)†Laporan Penelitian. Tidak Diterbitkan. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Budiman, Arif. 1981. Pembagian Kerja Secara Seksual: Sebuah Pembahasan Sosiologis tentang Peran Wanita di dalam Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Pusat Bahasa. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, Hersri. 2012. Awan Theklek Mbengi lemek; Tentang Perempuan dan Pengasuhan Anak. Yogyakarta: Sekolah mBrosot dan Gading Publishing.

Takwin, Bagus. 2003. Akar - Akar Ideologi. Yogyakarta: Jalasutra.

Walby, Sylvia. 2014. Theorizing Patriarchy. Diterjemahkan oleh Mustika K. Prasela dengan judul Teorisasi Patriarki. Yogyakarta: Jalasutra.




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.3917

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.