PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KERAGAMAN SUKU BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI BERBANTUAN LKS NON EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 KOTA TERNATE TAHUN 2017
Sari
ABSTRAK. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui seberapa jauh efektifitas  metoda Pembelajaran tematik terintegrasi terhadap peningkatan prestasi dan hasil belajar  IPS    setelah diterapkannya metoda Pembelajaran tematik terintegrasi dengan bantuan LKS Non Eksperimen, bagi siswa kelas V Semester I SD Negeri 15 Kota Ternate , (b), Untuk peningkatan aktivitas belajar dan prestasi hasil belajar siswa kelas V Semester I SD Negeri 15 Kota Ternate tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen peneltian yang digunakan adalah berupa hasil tes , lembar observasi dalam kegiatan belajar mengajar, penilaian diri dan penilaian antar teman peserta didik. rumusan masalah penelitian ini yaitu : (1) Apakah pembelajaran kelompok dengan materi keanekaragaman suku bangsa   akan  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Apakah pembelajaran Tematik Terintegrasi berbantuan LKS non Eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajas siswa? Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus yang terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Selanjutnya hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dengan rincian sebagai berikut : Siklus I dengan nilai rata-rata 65,08 % sedangkan Siklus II dengan nilai rata-rata 74,56%. Hasil penerapan metode pembelajaran tematik terintegrasi dengan bantuan LKS non Eksperimen  dapat meningkatkan prestasi hasil belajar Siswa kelas V Semester I SD Negeri 15 Kota Ternate , serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : LKS Non Eksperimen; Memahami Keragaman Suku Bangsa;IPS
ABSTRACT. The aims of this research are: (a) To know how far the effectiveness of integrated thematic learning method to the improvement of achievement and learning result of IPS after the implementation of integrated thematic learning method with the help of LKS Non Experiments, for the first semester V students of SD Negeri 15 Kota Ternate, b), For the improvement of learning activities and achievement of learning outcomes of Grade V students of Semester I SD Negeri15 Ternate in the academic year 2016/2017. The research instruments used are test results, observation sheets in teaching and learning activities, self-assessment and assessment among student's friends. The formulation of this research problem are: (1) Will group learning with material of ethnic diversity will be able to improve student's learning achievement? Is Integrated Thematic learning assisted LKS non Experiments can improve student learning achievement? This research is a classroom action research conducted for 2 cycles consisting of planning, action, observation and reflection. Furthermore, the results of analysts found that student achievement increased from cycle I to cycle II with details as follows: Cycle I with an average value of 65.08% while Cycle II with an average value of 74.56%. The result of the application of integrated thematic learning method with the help of LKS non Experiments can improve the achievement of the learning outcomes of Grade V students of Semester I SD Negeri 15 Ternate, and this learning method can be used as an alternative in learning.
Key Word: Non Experiment LKS; Understanding Nation's Diversity; IPS
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/humano.v8i2.521
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | HUMANO: Jurnal Penelitian |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun |
Address | Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
humano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/humano |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.