GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BERPRESTASI PADA JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Sirajuddin Saleh, Mila Awaliah, Muhammad Darwis

Sari


Gaya belajar adalah cara dominan yang konsisten dilakukan peserta didik dalam menyerap dan mengelola informasi atau ilmu pengetahuan. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar didik berprestasi pada jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini yaitu Peserta Didik Berprestasi Pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar peringkat 1-10. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang disajikan melalui tabel frekuensi dan olah data melalui teknik perhitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar kelas XI dan XII memperoleh gaya belajar visual sebesar 81,5%. Siswa dengan gaya belajar auditorial sebesar 79,17%. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestesis sebesar 69,8 %. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar dominan menggunakan gaya belajar visual, adapun hal yang dapat membedakan penelitian ini dan penelitian terdahulu terletak pada jenis penelitian yang digunakan dan lokus penelitian.

Kata Kunci


learning styles; students; achievement

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, M. (2016). Efektivitas Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Universitas Negeri Makassar.

Arylien Ludji Bire. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Peserta Didik Siswa. Pendidikan, 44.

DePorter, Bobbi, dan M. H. (2007). Quantum Learning. Jakarta: Mizan Media Utama.

Febrini, D. (2017). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gunawan, A. W. (2011). Born to be a GENIUS Kunci Mengangkat Harta Karun dalam Diri Anak Anda. Jakarta: Gramedia.

Haryanto dan Suyono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Khoeron, I. R. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1.

Mulyono. H. Purwandari, P. (2007). Pengaruh Pelatihan Gaya Belajar Terhadap peningkatan Indeks Prestasi Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Sudirman, 2.

Nasition. (2014). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar.

Ula. S.S. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Slameto. (2010). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Somad Rismi dan kasmanah ai (Ed.). (2015). manajemen kelas classroom management guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan dan berprestasi.Bandung: Alfabeta.

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Jogjakarta: Pinus book publisher.

Teti Widiyanti. (2011). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) Tahun 1945.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v13i2.5509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.