ANALISIS HUBUNGAN ANTARA REKRUTMEN GURU HONORER DAN KINERJA GURU PNS TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI PROVINSI MALUKU UTARA JENJANG PENDIDIKAN SMA, SMK, DAN SLB

Wahid Abd Karim, Wahab Hasyim, Johan Fahri

Sari


Guru adalah orang yang memiliki keahlian khusus dan berprofesi sebagai pendidik profesional yang terlibat dalam dunia pendidikan, di mana tugasnya tidak hanya sekedar mentransfer ilmu ke peserta didiknya, akan tetapi lebih dari itu. Guru mempunyai beban atau tugas untuk menumbuhkan kemampuan peseta didik agar dapat meningkatkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hasil verifikasi data guru oleh bidang GKT DIKBUD provinsi Maluku Utara per-tanggal 31 desember 2021, menunjukan bahwa terjadi peningakatan jumlah guru honorer pada jenjang pendidikan SMA, SMK, dan SLB, bila dibandingkan dengan tahun 2020 yang lalu, yaitu dengan rincian jumlah guru PNS dan gur honorer di tahun 2020 sebanyak 2.403 orang guru PNS, dan 2.749 orang guru non PNS, sedangkan di tahun tahun 2021 sebanyak 2.511 guru PNS dan 3.296 guru honorer, yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Provinsi Maluku Utara.Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara rekrutmen guru honorer dengan profesionalisme guru dan hubungan antara kesejahteraan guru dengan profasionalisme guru. Penelitian dilakukaan kepada guru honorer dan guru PNS yang berjumlah 86 guru sebagai responden menggunakan Teknik angket dengan analisis regresi ganda menggunakan aplikasi SPSS.25. hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang positif maupun negated dan signifikan antara rekrutmen guru honorer, kesejahteraan guru dengan profesionalisme guru.


Kata Kunci


rekrutmen guru honorer; kesejahteraan guru; profesionalisme guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Glickman, C. D. (1981). Developmental Supervision: Alternative Practice for Helping Teachers Impruve Instruction (R. S. Brandt & N. C. Modrak (eds.)). ASCD.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah, 17(32), 274–285. file:///C:/Users/toshiba/Downloads/26-234-1-PB-2.pdf

Helmi, J. (2017). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, 7(4), 318-336.

Heri Susanto. (2020). Buku Profesi Keguruan (B. Subiyakto & Helmi Akmal (eds.); I). Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Lambung Mangkurat.

Jabid, A. W., Suci, R. P., Priyono, & Hasyim, A. W. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional. Literasi Nusantara Abadi.

Nurqomah, R. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. 1(2), 27-30.

Packard, D, R., & Others, A. (1988). Educational Change and Reform. An Integrated Model for the Professional Development of Teacher Leaders. 4.

Ramadhan, D. S. (2022). Hubungan Kesejahteraan dengan Profesionalisme guru SD di Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Suka Bumi, Jawa Barat. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suyatno, & Jihad, A. (2017). Menjadi Guru Profesional: Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Alfabeta.

UU Nomor 14 Tahun. (2005). Tentang Guru dan Dosen.

UU Nomor 20 Tahun. (2003). Sistem Pendidikan Nsional.

Wulandari, D. (2017). Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 1-14. file:///C:/Users/toshiba/Downloads/535-1057-1-SM.pdf




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6244

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.