ANALISIS DESTINASI DAN PRODUK PARIWISATA TALIABU UPAYA MENARIK MINAT WISATAWAN PASCA PANDEMI COVID 19

Sunaidin Ode Mulae, Muslim Fadel, Nemat Taher

Sari


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi destinasi dan produk potensi wisata kabupaten Pulau Taliabu yang ada di kawasan pesisir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pariwisata di dalam pengumpulan dan analisis data. Pengambilan sampling yakni sampling daerah atau teknik random kluster. Penelitian ini menemukan bahwa destinasi wisata kabupaten Pulau Taliabu memiliki bentuk tangible dan intangible yang ada di empat puluh tempat destinasi dengan atraksi daya tarik pada wisata bahari dan panorama alam. Atraksi daya tarik wisata bahari mendominasi dibandingkan panorama alam. Pasca Pandemi covid 19 Destinasi Wisata di Kabupaten Pulau Taliabu sepi pengunjung dibandingkan pada saat Covid. Fakta ini terungkap di tempat salah satu destinasi di Karamat Beach yang memiliki pendapatan saat covid 19 rata-rata perhari Rp.1.000.000 sedangkan pasca covid pendapatan rata-rata Rp. 500.000. Produk wisata kabupaten pulau Taliabu terdiri dari produk produk alam, buatan manusia (man-made), dan seni-buday yang juga belum dikelola secara baik oleh pemerintah daerah. Peneliti dilapangan menemukan kondisi kantor Dinas Pariwisata tidak tertata secara baik dan masih mengontrak rumah warga dengan kondisi didalam kantor tidak memiliki struktur pada destinasi dan ekonomi kreatif pariwisata. Simpulan Destinasi wisata kabupaten Pulau Taliabu belum terlalu serius dikelola oleh Pemerintah Daerah karena hampir sebagian besar tempat destinasi wisata belum punya aksesbilitas jalan yang memadai ke tempat destinasi wisata dan juga belum dilakukan penaatan secara benar terhadap produk  wisata.


Kata Kunci


Destinasi; produk pariwisata; Wisata; Taliabu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Coleman, Peter (2016). Introduction to Business Operations and Services (Materi Kuliah), Sunderland Business School.

Deddy Prasetya. Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur (Studi Kasus Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda,Vol 3, No 3 Agustus-Desember 2014, hlm 412-421.

Gugun Gunardi. Identifikasi Potensi Kawasan Wisata Kali Pasir, Kota Tagerang. Jurnal Planesa, Vol 1, No 1, Mei 2016.

Gibson, H., & Yiannakis, A. (2002). Tourist Roles. Annals of Tourism Research, 29(2), 358–383. doi:10.1016/s0160-7383(01)00037-8.

Hendarto, Kresno A. 2003. Ekowisata: Sebuah Diferensiasi Produk Wisata di Indonesia Pasca Tragedi Bali ”12 Oktober 2002”. Usahawan No.01 XXXII. Januari.

Hidayah, Nurdin (2021). Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Era Digital: Targeting, Positioning, Branding, Selling, Marketing Mix, Internet Marketing. Jakarta: Kreasi Cendekia Pustaka

Ismuhadi, Heru W, dkk. ___.Pengembangan Potensi Pariwisata Dalam Perspektif Reinventing Government. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No 6, hal 1168-1173.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 1999. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Penerbit BPFE Yogyakarta.

Kuncoro, Mudarajad. 2004. Otonomi & Pembangunan Daerah Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Penerbit Erlangga

Mulyana, Deddy.2011.Komunikasi Lintas Budaya. Bandung:Remaja Rosdakarya,PT.

Misbakhul Munir Z.___Pengembangan Potensi Wisata Alam Kabupaten Tulung Agung Dengan Sistem Informasi Geografis. Surabaya. Kampus ITS Sukolio.

Mill, R. C., & Morrison, A. M. (2012). The Tourism System, 7th ed. Dubuque, Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.

Nasution, (2009). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Oka A. Yoeti. 2003. Tours and Travel Marketing, Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Porter, ME.1980.Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Inndustries and Competitiors, NY: The Free Press.

Spillane, James J.2001. Ekonomi Pariwisata, Yogyakarta:Kanisius.

Spillane, James J.1994. Ekonomi Pariwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yoyakarta, Kanisius

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta,CV

Sugiyono.2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV

Widyono.2006. Promosi Sebagai Salah Satu Upaya dalam Pemasaran Pariwisata. Benefit Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 10. No.1

.2002. North Moluccas Regency. Published by The Government Regency of North Moluccas, Indonesia.

Wardiyanta.2006. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011 mengenai Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional 2010-2025




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6922

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.