PROFITABILITAS, LEVERAGE, PERSISTENSI LABA DAN EARNING RESPONSE COEFFICIENT: MODERASI UKURAN PERUSAHAAN

Mukhtar A Adam, Nurdin Nurdin, Muhammad Tahrim Imam

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage dan persistensi laba terhadap earning response coefficient, serta untuk menguji efek moderasi ukuran perusahaan terhadap earning response coefficient dengan variable independen profitabilitas, leverage dan persistensi laba. Pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 31 sampel. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis data panel dengan menggunakan eviews sebagai alat uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas, leverage dan persistensi laba tidak berpengaruh terhadap earning reponse coefficient. Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh profitbilitas dan leverage pada earning response coefficient. Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh persistensi laba pada earning response coefficien.

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Persistensi Laba, Ukuran Perusahaan, dan Earning Response Coefficient


The purpose of this research is: to examine the effect of profitability, leverage and earnings persistence on earning response coefficient, and to examine the effect of moderation of company size on earning response coefficient with independent variables profitability, leverage and earnings persistence. In manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The number of research samples is 31 samples. The method of analysis in this study is panel data analysis using eviews as a statistical test tool. The results of this research indicate that profitability, leverage and earnings persistence have no effect on the earning response coefficient. company size is able to moderate the effect of profitability and leverage on earnings response coefficient. company size is not able to moderate the effect of earnings persistence on earnings response coefficient.

Keywords: Profitability, Leverage, Earnings Persistence, Company Size, and Earning Response Coefficient



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alkartobi, Mufti Zakwan. 2017.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Koefisien Respon Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Untuk Tahun 2012-2015). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Anggraini, Vivi. 2015. Pengaruh Risiko Sistematik, Persistensi Laba dan Kesempatan Bertumbuh Terhadap Earning Response Coefficient (ERC), (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2012). Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (Tidak di Publikasi)

Arfan, Muhammad., dan Ira Antasari. 2008. Pengaruh Ukuran, Pertumbuhan, Dan Profitabilitas Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba (Pada Emiten Manufaktur di Bursa Efek Jakarta).Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Universitas Syiah Kuala, Vol. 1, No. 1, Hal. 50-64.

Buana, Eka Larasanta.,dan Titik Farida Kristanti. 2014. Pengaruh Risiko Sistematik, Persistensi Laba dan Kesempatan Bertumbuh Terhadap Earning Response Coefficient (ERC), (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2012). Universitas Telkom Bandung, vol. 1, No. 3, Hlm 1-14.

Dalimunthe, Abdur Rahman. 2016. Pengaruh Corporate Social Reasonability, Persistensi Laba, dan Struktur Modal Terhadap Earning Response Coefficient. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, Volume 11, No.1, Hlm 1-24.

Delvira, Maisil., dan Nelvirita. 2013. Pengaruh Risiko Sistematik, Leverage dan Persistensi Laba Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC), (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di BEI Tahun 2008-2010). Jurnal WRA Universitas Negeri Padang, Vol. 1, No. 1, Hlm 129-154.

Dewi, Anak Agung Puteri Kusuma., dan I Made Pande Dwiana Putra. 2017. Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan pada Earning Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.19, No.3, Hlm 367-391.

Dewi, Nyoman Sutrisna., dan I Ketut Yadnyana. 2019. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Earning Response Coefficient Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 26, No. 3, Hlm.2041-2069.

Diantimala, Yossi. 2008. Pengaruh Akuntansi Konservatif, Ukuran Perusahaan, Dan Default Risk Terhadap Koefisien Respon Laba (ERC), Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Universitas Syiah Kuala Vol. 1, No. 1, Hlm. 102-122.

Fajar, Diko Rizki., dan Dini Wahjoe Hapsari. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Empiris Pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2010-2014). Jurnal Proceedings of Management Universitas Telkom. Vol.3, No.2, Hlm 1716-1723.

Fanani, Zaenal, 2010. Analisis Faktor-Faktor Penentu Persistensi Laba. Jumal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Universitas Airlangga, Vol. 7, No. 1, Hlm 109-123.

Farizky, Muhammad Ginanjar, 2016. Pengaruh Risiko Kegagalan, Kesempatan Bertumbuh dan Ukuran Perusahaan Tehadap Earning Response Coefficient (ERC) (Pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal Profita Kajian Akuntansi Universitas negeri Yogyakarta, Vol. 4, No. 4, Hlm 1-10.

Fauzan, Muhamad., dan Agus Purwanto, 2017. Pengaruh Pengungkapan CSR, Timeliness, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan dan Resiko Sistematik Terhadap Earning Response Coefficient (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur, Properti dan Pertambangan yang Terlisting di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2014). Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro, Vol.6, No.1, Hlm 1-15.

Fitri, Laila, 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh, dan Profitabilitas Terhadap Earning Response Coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2008-2011). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol.1, No.3, Hlm 2-17.

Garnapatria, Dika, 2017. Pengaruh Corporate Social Responbility, Leverage, dan Firm Size Terhadap Earning Response Coefficient (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI). Thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung. (Tidak di Publikasi)

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Eka Kristin Paulina, 2014. Pengaruh Kualitas Audit dan Prediktabilitas Laba Akuntansi Terhadap Earning Response Coefficient (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2008-2012).Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol. 2, no. 3, Hlm 3-31.

Gujarati, Damodar, M., & Porter, Dawn C., 2010. Dasar-Dasar Ekonometrika. Edisi 5 Buku 1.

Hapsari, Dwinda, 2014. Pengaruh Risiko Sistematik, Persistensi Laba Dan Alokasi Pajak Antar Periode Terhadap Earnings Response Coefficient (Erc) (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2012). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol.3, No.1, Hlm 1-27.

Hariati, Rina, 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Pertumbuhan Laba Terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Hlm 3-17.

Hartanto, delvina dan Henrianto wijaya, 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Earning Response Coefficient (ERC) Dengan Profitabilitas Sebagai Prediktor. Jurnal akuntansi Universitas Tarumanagara Jakarta, Vol 1, No 2, HLM 344-352.

Imroatussolihah, Ely 2013. Pengaruh Risiko, Leverage, Peluang Pertumbuhan, Persistensi Laba dan Kualitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Earning Response Coefficient Pada Perusahaan High Profil. Jurnal Ilmiah ManajemenUniversitas Negeri Surabaya. Vol.1 No.1 Hlm. 76-87.

Kristanti, Katarina Dyah., dan Luciana Spica Almilia, 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Earnings Response Coefficient (ERC) (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Thesis Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Kurnia, Ivan dan Sufiyati 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Risiko Sistematik, dan Investment Opportunity Set Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2012-2014, Jurnal Ekonomi Universitas Tarumanagara. Volume 20, No. 03, Hlm 463- 478.

Kurniawati, Anggreni Dian, 2014. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Akuntansi Bisnis Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Vol. 13, No. 25, Hlm 1-24.

Kurnia, Intan, diana nur dan M.cholid Mawardi, (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Earning Response Coefficient. E-JRA Universitas Islam Malang, Vol. 08 No. 01, Hlm. 78-91.

Lukman, Ihsanul, 2014.Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh, dan LeverageTerhadap Keresponan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti dan Real Estateyang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2012). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, Vol. 2, No. 3, Hlm 3-34.

Mahendra,I Putu Yuda., dan Dewa Gede Wirama, 2017. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Pada Earning Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.20, No.3, Hlm 2566-2594.

Marlina,Lena Sherli., dan Yane Devi Anna, 2018. Pengaruh Konservatisme dan Profitabilitas Terhadap Earning Response Coefficient. Jurnal Ilmu Politik dan Humaniora Stie Ekuitas Bandung, Vol. 1, No.2, Hlm 1-11.

Mulianti, Diah., dan Jihen Ginting, 2017. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Timeliness, dan Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient (Pada Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2014). Jurnal JAKPI Universitas Negeri Medan, Vol. 05, No 01, Hlm 1-24.

Natalia,Desriyana., dan Ni Made Dwi Ratnadi, 2017. Pengaruh Konservatisme Akuntansi dan Leverage Pada Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 20, No.1, Hlm 61-86.

Nofianti, Nana, 2014. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Koefisien Respon Laba. Jurnal Etikonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol. 13, No. 2, Hlm 118-147.

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar, 2012. Pengaruh Leverage, Firm Size dan Voluntary Disclosure Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Wiga STIE Widya Gama Lumajang, Vol. 2 No. 2, Hlm 103-118.

Roni, 2017. Pengaruh Leverage, Beta, Market To Book Value Ratio dan Firmsize Terhadap Earnig Response Coefficient (ERC) (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2013-2015). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi Universitas Islam Malang. Vol.6, No.3, Hlm 71-84.

Sari, Merlin Mayang., Ratna Wijayanti Daniar Paramita., dan Muchamad Taufiq, 2018. Pengaruh Leverage Profitabilitas dan Voluntary Disclosure Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). Jurnal Universitas Widya Gama Malang, Vol. 1, No. 1, Hlm 167-177.




DOI: https://doi.org/10.33387/jeamm.v1i1.1835

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEXED

         

 

   Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Â