PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP STRES BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI

Ilfan Bereki, Widya Murdhanata Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perilaku belajar, Kecedasan Emosional dan Tingkat pemahaman akuntansi terhadap Stres belajar mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Pasifik Morotai. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Pasifik. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, seluruh variabel independen yakni perilaku belajar, kecerdasan emosional, tingkat pemahaman akuntansi pengaruh positif terhadap variable Stres Belajar mahasiswa akuntansi.

Kata kunci:    Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman Akuntansi. Stres Belajar

 

This study aims to analyze the effect of learning behavior, emotional anxiety and the level of understanding of accounting towards accounting student-learning stress in the Faculty of Economics Universitas Pasifik Morotai. Population in this study is accounting students at the Faculty of Economics, Pacific University. The type of data used is primary data with a data collection method using a questionnaire. The sampling method uses purposive sampling technique. The results showed partially, all independent variables namely learning behavior, emotional intelligence, the level of understanding of accounting a positive influence on the variable of Learning Stress of accounting students.

Keywords: Learning Behavior, Emotional Intelligence, Level of Understanding of Accounting, Learning Stress


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anfas, Buamonabot, I., Umasugi, M., & Sudarwo, R. (2018). Pengukuran Tingkat Stres Mahasiswa Berdasarkan Gender: Aplikasi Impotance Performace Analysis. In Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh (Vol. 19). https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.315.2018

Aziza, N., & RM, R. M. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 1–49.

Calhoun, J. F., & Acocella, J. R. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Crampton, S. M., Hodge, J. W., Mishra, J. M., & Price, S. (1995). Stress and stress management. Society for the Advancement of Management, 60(3).

Fahri, J., Syahrain, R., & Buamonabot, I. (2020). Developing Measurement Indicators for Stress Academic Models at Higher Education Institutions: An Importance Performance Analysis Approach. 5th International Conference on Food, Agriculture and Natural Resources (FANRes 2019), 404–407. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/aer.k.200325.081

Fahrianta, R. Y., Syam, A. Y., & Syahdan, S. A. (2012). Pengaruh kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Hanifah, & Abdullah, S. (2001). Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Media Riset Akuntansi, Auditing Dan Informasi, 1(3), 63–86. https://doi.org/10.25105/mraai.v1i3.1767

Kariv, D., & Heiman, T. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students. College Student Journal, 39(1), 72–85.

Marita, Suryaningsum, S., & Shaalih, H. N. (2008). Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Emosional Dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Nurlaila, N., & Buamonabot, I. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasi Pegawai Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate. Mala’bi Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 2(1), 76–90. Retrieved from http://ejournal.stieyapman.ac.id/index.php/jme/article/view/45

Rachmi, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Universitas Diponegoro.

Risharliea, T. (2011). Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar, Kecerdasan ntelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dalamMempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Santosa, P. B., & Ashari. (2005). Analisis statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2014). Research Method For Business. In Library of Congress. https://doi.org/10.1007/978-94-007-0753-5_102084

Suwardjono. (2004). Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen STIE YKPN.

Umasugi, M., Buamonabot, I., & Anfas, A. (2015). Pengukuran Tingkat Stres Mahasiswa Yang Belum dan Sudah Bekerja: Sebuah Studi Deskriptif. Manajemen Sinergi, 3(1), 71–83.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional (29th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33387/jeamm.v1i2.1838

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEXED

         

 

   Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Â