KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA MASYARAKAT DESA WISATA BOBANEHENA KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Nurlaila Nurlaila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat desa wisata Bobanehena Kabupaten Halmahera Barat. Kondisi sosial ekonomi masyarakat dilihat dari aspek pekerjaan, pendapatan, dan kondisi budaya masyarakat dilihat dari aspek tingkat pendidikan dan adat atau trdisi masyarakat. Jenis penelitian kualitatif, dengan jumlah informan sebanyak 7 orang yang merupakan masyarakat Desa Bobanehena. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner dan wawancara mendalam oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pekerjaan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Bobanehena yaitu Petani, Nelayan dan (PNS), sebagian memiliki mata pencarian membuat kopra dan berdagang. Wilayah yang dikelilingi oleh laut menyebakan hampir sebagaian masyarakat mengantungkan kehidupan ekonomi sebagai nelayan, dengan tingkat pendidikan yang rendah Pekerjaan yang dimiliki oleh para informan rata-rata bukan pekerjaan tetap hal ini tentunya berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh. Masyarakat masih kurang memahami akan pentingnya pendidikan. Budaya yang dianut masyarakat hingga saat ini yaitu budaya adat seatorang.

Kata Kunci: Sosial Ekonomi, Budaya Masyarakat, Pendapatan, Desa Wisata, Adat Seatorang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Zaenal. 2002. Kondisi Sosial Ekonomi Petani Tebu di Desa Negara Batin Sungkai Selatan. Unila. Bandar Lampung

Abdulsyani. 2013. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara

Asyhar Basyir. Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (online). Tersedia di http://asyharnotes.blogspot.com/2014/11/pengaruh-sektor-pariwisataterhadap.html. Diakses pada tanggal 24 Juli 2019.

BPS Kabupaten Halmahera Barat, Kecamatan Jailolo Dalam Angka -2018.

Maftukhah. 2007. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP n 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun 2006/2007. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Meleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Spillane, James J. 1987. “Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknyaâ€, Yogyakarta: Kanisius

Sukirno, Sadono. 2000. Makro Ekonomika Modern, PT. Rasa Grafindo Persada : Jakarta.

Bahawati W. Hastanti. Rina. Kondisi Sosial Ekonomi Dan Budaya Masyarakat Sekitar Kawasan Konservasi: Studi Kasus di Pulau Gag, Raja Ampat, Papua Barat (online). Tersedia di https://media.neliti.com, diakses tanggal 26 Juli 2019.

Pradanang, Tri. 2017. Studi Eksplorasi Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Wisata Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. (online). Skripsi. Tersedia di https://eprints.uny.ac.id, diakses tanggal 26 Juli 2019.

Baharinawati W. Hastanti dan R. Gatot Nugroho Triantoro. 2012. Kondisi Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat Sekitar Kawasan Konservasi. Studi Kasus di Pulau Raja Empat (Online). Tersedia di http://www.reseachgate.net, diakses tanggal 26 Juli 2019.




DOI: https://doi.org/10.33387/jeamm.v1i2.1849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEXED

         

 

   Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Â