PENILAIAN POTENSI PENDAPATAN DIKAWASAN WISATA DI KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Fajri Hatim, Ruliyanto Syahrain

Sari


Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi Potensi pendapatan wisata dan estimasi kapasitas daya dukung yang dimiliki kawasan wisata di Tanjung  Rapa pelangi  Desa Bobanehena Kabupaten Halmahera Barat untuk aktivitas wisata..

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif, dengan menggunakan  Metode analisis Multiplier Effect Analisys dan Analisis Daya dukung dengan menggunakan pendekatan ekologi dan ekonomi (benefit transfer). Pendekatan ekonomi yang di Gunakan yaitu Perhitungan dampak ekonomi yang diperoleh dari aliran uang wisatawan berupa dampak langsung (direct effect), dampak tidak langsung (indirect effect) dan dampak lanjutan (induced effect).

Hasil penelitian dengan Metode multiplier effect analysis untuk menganalisis dampak ekonomi di kawasan Wisata Rappa pelangi. Nilai Keynesian income multiplier yang diperoleh adalah 1,8 dan nilai ratio income multiplier tipe I dan tipe II adalah 1,5 dan 1,6. Yang menunjukkan, meningkatnya jumlah wisatawan berpotensi menyebabkan over carrying capacity pada titik area tertentu untuk aktivitas snorkeling dan wisata pantai, terutama saat hari libur (peak season). Sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk pengelolaan dan pengembangan yang tetap memberikan manfaat ekonomi terhadap masyarakat namun sesuai dengan daya dukung kawasan.

Beberapa alternatif strategi yang dapat dilakukan untuk pengelolaan wisata Rappa Pelangi yakni: kerjasama antara pihak pengelola, masyarakat dan wisatawan dalam menjaga kelestarian sumberdaya lingkungan; melakukan promosi terhadap wisata yang baru dikembangkan; mengembangkan potensi area lain dan kegiatan wisata baru di kawasan Rappa Pelangi untuk menghindari over carrying capacity di titik-titik area kawasan tertentu, peningkatan edukasi dan informasi oleh pengelola untuk masyarakat dan wisatawan dalam menjaga kelestarian lingkungan, kebersihan, dan keasrian kawasan wisata.

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jeamm.v2i1.2579

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEXED

         

 

   Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Â