PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN

Nonce Hasan, Nasir j. koda

Sari


Para pakar ekonomi memperkirakan di masa yang akan datang sektor pariwisata akan menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang penting. Dalam perekonomian suatu negara, bila dikembangkan secara berencana dan terpadu, peran sektor pariwisata akan melebihi sektor migas (minyak bumi dan gas alam) serta industri lainnya. Pemerintah bertanggung jawab atas empat hal utama yaitu: perencanaan atas kawasan pariwisata, pembangunan fasilitas utama dan pendorong pariwisata, kebijakan pengeluaran sektor pariwisata, dan pembuatan dan penegakan peraturan. Berkembangnya pariwisata di suatu daerah akan mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat, yakni secara ekonomis, sosial dan budaya. Namun, jika pengembangannya tidak dipersiapkan dan di kelola dengan baik, justru akan menimbulkan berbagai permasalahan yang menyulitkan atau bahkan merugikan masyarakat. Agar pariwisata dapat berkembang secara baik dan berkelanjutan serta mendatangkan manfaat dan meminimalisasi dampak negatif yang mungkin timbul maka pengembangan pariwisata perlu didahului dengan kajian yang mendalam terhadap semua sumber daya pendukungnya yakni sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya budaya.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Faktor-faktor menjadi pendukung dan penghambat pengembangan pariwisata dan 2) strategi pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Halmahera Selatan. Responden tidak diketahui jumlahnya secara pasti sehingga teknik pengambilan sampel yang diambil adalah Accidental Sampling, terdiri dari wisatawan dan masyarakat dan diperoleh sebanyak 60 responden pada saat pengambilan data primer.

Hasil penelitian menemukan sejumlah faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan sektor pariwisata di Halmahera Selatan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi SO merupakan strategi utama dalam pengembangan sektor pariwisata di Halmahera Selatan.

Kata Kunci: Pariwisata, SWOT

 

JEL Classification: Q26, Q38, C42


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.60201/jepa.v13i2.5310

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pembangunan