DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KOTA TERNATE

Adhalifa Jihandini, Aswir Hadi, SE. M.Si, Bakri Soamole, SE, M.Si

Sari


Abstrak:.The purpose of this study was to find out how much influence the impact of Covid-19 with indicators of income, number of workers and MSME working hours, either partially or simultaneously on the development of MSMEs in Ternate City.The results of the study show that: (1) The impact of the covid-19 pandemic with indicators of income, number of workers, and working hours has a positive influence on the development of MSMEs in Ternate City, this can be seen from the t-count value which is greater than t-table, which is 4.275 > 1.686 and also a significance level that is smaller than 0.05, namely 0.00 < 0.05.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BPS (badan pusat statstik) kota ternate 2019-2021

Gary, P. K. dan. (2013). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education Limited.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi e- commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja umkm (studi kasus umkm diwilayah kota semarang). Maksimum , Vol. 1(No. 1), 1-15.

Hardilawati, W. L.(2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,83–87

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60. http://www.jurnal.stiks- tarakanita.ac.id/index.php/JAK/arti cle/view/189/136

Helmalia, H., & Afrinawati, A (2018). Pengaruh E-Commerce terhadap peningkatan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. http://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.18 2

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited. Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E- commerce 2016: business. technology. society In Global Edition. www.pearsongglobaleditions.com

Lestari, S. P., & R, K. A. (2019). The Effect Of Product Quality Toward Interest In. 5(2), 95–102.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 20 (April).

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan intellectual Capital Dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran. 12.2.101-112

Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E- Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163.

http://doi.org/10,24002/modus.v27i 2.554

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditnya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Maketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM),1 1- 17.

https://foi.org/10.21009/jpmm.001. 1.01

Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 3(5), 501–509.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. PT.Alfabet. Bandung

Tjiptono, F. (2011). Service, Quality & Satisfaction (3th ed.). ANDI.

Tripayana, S., & Pramono, J. (2020). Kualitas Produk, Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan Dimana Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada UKM Start Up Pariwisata Kombuchi Brewing Co, Bali. Jemap, 2(2), 182.

https://doi.org/10.24167/jemap.v2i 2.2266

Verniaputri Agusetyaningrum, M. Khalid Mawardi, Edriana pangestuti. 2016. Strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 38. No. 2. September 2016. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya , Malang.i-malu




DOI: https://doi.org/10.60201/jepa.v12i1.5591

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pembangunan