STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) DAERAH KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Ariyo Prasetiyo, Yuliyana Susan Kalengkongan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Halmahera Barat. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, yaitu melakukan identifikasi berkaitan dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh UMK dan menganalisisnya dengan menggunakan analisis SWOT kemudian merumuskan model strategi untuk mengatasinya. Populasi responden meliputi seluruh UMK yang berada di Kabupaten Halmahera Barat. Metode sampel menggunakan purposive sampling .Hasil penelitian berupa model strategi pengembangan UMK dalam menghadapi persaingan. Berdasarkan analisis internal dan eksternal UMK

Kabupaten Halmahera Barat dapat diperoleh bahwa yang menjadi strategi utama adalah strategi Growth (pertumbuhan) dimana UMKM Kabupaten Halmahera Barat meningkatkan sarana dan prasaran pendukung serta meningkatkan mengikuti pelatihan kewirausahaan untuk menciptakan produk yang kreatif dan inovatif, memperluas jaringan usaha melalui pemanfaatan media online dan menjalin kemitraan dengan pelaku usaha lainnya. Meningkatkan kemampuan manajerial dan penggunaan teknologi yang update. Meningkatkan modal usaha serta produktivitas usaha dalam jangka panjang.

Kata Kunci: SWOT, Usaha Mikro Kecil  

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alyas dan Rakib M. 2017. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros Di Kabupaten Maros)”. Volume 19 No. 2 : 114 – 120.

Amenda T., dan Nurmala. 2013. “Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Perkampungan Industri Kecil, Cakung, Jakarta Timur)”. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Anggraeni F., Hardjanto I., Hayat A. 2008. “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi

Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang)”. Jurnal

Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6, Hal. 1286-1295

BPS Provinsi Maluku Utara. 2019. Analisis Hasil Se2016 Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Provinsi Maluku Utara.

BPS Kabupaten Halmahera Barat. 2018. Kabupaten Halmahera Barat Dalam Angka.

BPS Kabupaten Halmahera Barat. 2018. Indikator Ketenagakerjaan.

Fajar F.P., Zhikry F., Bramantyo A.N., Eka N.S, Noor W., Puput W.B. dan Adi H.P. 2019. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Di Kota Samarinda”. Jurnal Riset Inossa, Volume 1, Nomor 1. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi. Kalimantan Timur.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM. 2019. Perkembangan

Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Kabupaten Halmahera Barat Tahun 2013-

Kabupaten Halmahera Barat

Hasyim A. 2013. “Pemetaan Kawasan Sentra Produksi Bagi Pengembangan UMKM”. Provinsi Maluku Utara

Kementerian Keuangan. 2012. “Kebijakan Antisipasi Krisis Tahun 2012 Melalui

Program Kredit Usaha Rakyat”. Badan Kebijakan Fiskal Pusat

Pengelolaan Risiko Fiskal

Kementerian Koperasi dan UKM. 2018. Perkembangan Data Usaha Mikro dan Kecil Tahun 2010-2018

Kurnia A. 2018. Strategi Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pengelolaan Hasil Perikanan Dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Pesisir : Studi Kasus Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Jakarta. 2018.

Langgeng R., Putra, Mindarti L., Hidayati F. 2013. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Ekonomi Kreatif Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan (Studi Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Magetan)”. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1998 Tentang

Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kecil Presiden Republik

Indonesia.

Polnaya G. 2015. “Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati, Jawa Tengah”. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro

Primatami A. dan Hidayati N. 2019. “Perkembangan Usaha Mikro Kecil (Umk) Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2006 – 2016”. Vol. 21 No. 03. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta.

Rangkuti F. 2014. Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Cetakan Delapan Belas, Jakarta : PT Gramedia

Renaningtyas L. D. 2016. “Strategi Pengembangan Umkm Dan Industri Kreatif

Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”. Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Tidar

Risnawati N. 2018. “Profil Umk, Permasalahan Dan Upaya Pemberdayaannya Di Kabupaten Sumedang”. Vol 9, Nomor 1, 13 – 29. Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

Roheni M. 2014. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat”. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Administrasi Negara Universitas Wiraraja.

Santoso, A. 2008.”Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Kecil Menengah (Studi

Kasus di UKM Kambing Desa Cikarawang Kecamatan Darmaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Cet. Empat belas. Bandung : Alfabeta

Tambunan, T. 2012. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia : Isu-isu Penting. Cet. Pertama, Jakarta : LP3ES

Tambunan, T. 2017. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia. Cet. Pertama, Bogor : Galia Indonesia.

Tambunan, T. 2013. Umkm Indonesia. Jakarta : Universitas Trisakti

Tanjung, M. Azrul. 2016. Koperasi dan UMKM Sebagai Fondasi Perekonomian

Indonesia. Jakarta : Erlangga

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah

Waluyo F. 2018. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus: Perkampungan Industri Karanganyar Pesawaran)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.60201/jepa.v14i2.7200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pembangunan