PENGARUH CITRA MEREK DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Sari
This study aims to determine the influence of Brand Image and Celebrity Endorser on Purchasing Decisions Mediated by Brand Trust (Case Study of Scarlett Whitening Skincare Users in Ternate City). This research is quantitative research. The population in this study were Scarlett Whitening
Skincare users, especially in Ternate City. The number of samples in this research was 112 respondents. The data analysis technique used in this research is using Smart Partial Last Square (PLS) version 4 as a statistical test tool.The results of this research show that: (1) Brand Image has no significant effect on Purchasing Decisions, (2) Celebrity Endorsers have no significant effect on Purchasing Decisions, (3) Brand Image has a positive and significant effect on Brand Trust, (4) Celebrity Endorsers have a positive effect and significant influence on Brand Trust, (5) Brand Trust has a Positive Influence on Purchasing Decisions, (6) Brand Image has a Positive and Significant Influence on Purchase Decisions mediated by Brand Trust, (7) Celebrity Endorsers have a Positive and Significant Influence on Purchase Decisions mediated by Brand Trust
Keywords: Brand Image, Celebrity Endorser, Purchase Decision, and Brand Trust
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amilia, Suri & M. Oloan Asmara Nst.2017. “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk
terhadap Keputusan Pembelian Handphone Meek Xiaomi di Kota Langsa, “Jurnal
Manajemen dan Keuangan, 1 (5), 660-669
Ariwidodo, B. (2009). Studi Mengenai Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian
Jasa Pendidikan Pasca Sarjana (Studi Kasus Program Pascasarjana Magister Manajemen
Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian
Journal of Marketing Science), 8(2), 187-203.
Bramantya, Y., & Jatra, I. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap
Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen
Universitas Udayana, 5(3), 255237.
Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap
Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada
Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 158-169.
Dewi, R. N. T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap
Keputusan Pembelian Smarthphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.
Ejournal Administrasi Bisnis, 7(4), 2019.
Elysia Stephanie, 2013. Pengaruh kredibilitas Endorser terhadap minat beli melalui sikap atas iklan
pada produk Shampo L’Oreal di Surabaya. Jurnal ilmiah mahasiswa Universitas Surabaya.
(2): h: 1-21.
Fransisca,Cindy Tingkir. (2014). “Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Merek. Melalui Citra
Merek Dan Kepercayaan Merek Toyota”. Jurnal Manajemen Pemasaran,Vol. 8, No. 2,
Oktober 2014 Doi: 10.9744/Pemasaran.8.2.62-69 ISSN 1907-235x.
Hafizah, 2012. Hubungan Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Telkomsel Flash. Terhadap
Kepuasan Konsumen Di PT. Telkomsel Grapari Medan Selecta. Jurnal, Keuangan dan Bisnis.
Vol 4 No.1, Maret 2012.
Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap
Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital. Productivity,
(4),272-275.
Manoppo,R.,Willem,J.F. 2014. Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi PengaruhnyaTerhadap
Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflame. Jurnal ISSN 2303-1174.
Pambudi, R. A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produkk Terhadap Keputusan
Pembelian Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Santoso, D. H. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan
Pembelian Smartphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening
(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Sekaran, Uma. (2006). Research Methods For Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis.
Jakarta: Salemba Empat.
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.
Jakarta: Erlangga.
Siregar, S. G. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan
Pembelian Scarlet Whitening Pada Media Sosial Instagram. (Doctoral dissertation, Prodi
Manajemen).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. BandungAlfabeta
Takaya, R. (2019). the Effect of Celebrity Endorsment on Brand Image and Trust Brand and It’S
Impact To Purchaseintention Case Study: Oppo Smartphone. Business and Entrepreneurial
Review, 17(2), 183.
Wara, F. D. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus
Pengguna Oppo Smartphone Di Pusat Penjualan Gadget Giant Magelang). (Doctoral
dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Zuniarentina, Z. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi
Oleh Kepercayaan Merek Pada Konsumen Maskara Oriflame Di Surabaya (Doctoral
dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
DOI: https://doi.org/10.60201/jepa.v15i1.8426
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Pembangunan