Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dan Aplikasinya Menggunakan Android
Sari
Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Ternate dalam memberikan pembelajaran secara
menarik. Hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan guru dalam memberikan
media pembelajaran interaktif yang dapat menarik siswanya. Dalam hal metode pelatihan
yang diterapkan adalah pelatihan praktik langsung serta didukung juga oleh video tutorial.
Tahapan yang dilakukan terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan
dan tahap pasca kegiatan. Hasil dari pengabdianan ini didapatkan bahwa Pelatihan
pembelajaran powerpoint di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Ternate berlangsung
dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas guru Sekolah Dasar Islam Terpadu
Insantama Ternate dan Pelatihan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis
android ini terkati dengan upaya peningkatan literas
Teks Lengkap:
1-11Referensi
Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar M
Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide
Powerpoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah
Dasar Pada Pembelajaran Tematik. EL Bidayah: Journal of Islamic
Elementary Education, 1(1), 61–78.
https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683
Hutabri, E., Dasa Putri, A., Informatika, J. T., Teknik, F., Komputer, D.,
Putera Batam, U., & Soeprapto -Batam, J. R. (2019a). Jurnal
Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan. 08(02), 57–
Hutabri, E., Dasa Putri, A., Informatika, J. T., Teknik, F., Komputer, D.,
Putera Batam, U., & Soeprapto -Batam, J. R. (2019b). Jurnal
Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan. 08(02), 57–
Kartika Sari, L., & Sasongko, D. (2013a). Media Pembelajaran Interaktif
Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Seminar Riset
Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1).
Kartika Sari, L., & Sasongko, D. (2013b). Media Pembelajaran Interaktif
Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Seminar Riset
Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1).
Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer pada
Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan
SD, 5(2).
Maesaroh, S., & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa
Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk
Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5.
Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran
“ORMAS†(Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power
Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865
Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021).
Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam
Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Indonesia, 1(4), 121–126.
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27
DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v1i1.4443
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.