Pendampingan Pradesain Tanggul Pantai pada Kawasan Permukiman Sidangoli Gam

Zulkarnain K. Misbah, Suyuti Suyuti

Sari


ABSTRAK

Provinsi Maluku Utara memiliki Jumlah desa pesisir sebanyak 856 Desa (79 % Dari Jumlah 1.079 Desa), dinama banyak permukiman desa-desa yang berhadapan langsung dengan lautan pasifik di pulau Halmahera. Desa Sindangoli Gam adalah berada di kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat. Dimana desa ini sebelumnya berada di pesisir pantai yang banyak tanaman pohon bakau. Namun saat ini sudah habis karena abrasi pantai yang sangat dahsat. Nelayan memiliki tradisi membangun rumah-rumah di wilayah pesisir dengan konstruksi sederhana dan arsitektur tradisional.

Metode survey untuk menyusun pradesain tanggul pantai dengan metode survey lapangan dan pengukuran/pengamatan di sekitar pantai. Survey mata pencarian, kondisi abrasi sekitar rumah warga, eksisting bangunan dan survey pengamatan pasang surut gelombang, geometri abrasi pantai serta batimetri.

Hasil pradesain perletakan konstruksi penahan abrasi pantai yang menggunakan beton inovasi tetrapod untuk sepanjang kurang lebih 800 m, tinggi 2m, lebar atas 3 m, dan lebar bawah 7,50m dengan jumlah tetrapod sebanyak 7,520 buah.

Kata Kunci: Sidangoli gam, Tanggul, Abrasi, Cerucuk, Batu kosong


Teks Lengkap:

62 - 68


DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v1i2.5596

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.