Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di SD Insantama Kota Ternate

Badrun Ahmad, Zulkarnain K Misbah, Muhammad Taufiq Y.S

Sari


 

Sosialisasi dampak kecanduan penggunaan hp kepada siswa-siswi SD insantama melibatkan beberapa kelas dari kelas 4 sampai kelas 6. PKM ini bertujuan untuk memberikan informasi positif kepada siswa-siswa SD Insantama agar tidak kecanduan menggunakan handphone. Informasi yang disosialisasikan yaitu bahaya kecanduan penggunaan hp. Kecanduan penggunaan hp memberikan efek fisik dan efek psikologi. Sosialisasi ke depan terkait bahaya kecanduan penggunaan hp kepada siswa-siswi SD Insantama perlu dilakukan secara rutin oleh guru-guru SD Insantama. Sosialiasi ini perlu melibatkan program studi psikologi untuk melakukan pendampingan saat sosialisasi. Kegiatan sosialisasi perlu didukung dengan media dan alat-alat bantu yang lebih lengkap sehingga siswa-siswi lebih memahami efek negatif kecanduan penggunaan hp.

Kata Kunci: dampak, gadget, anak, insantama, sosialisasi, kelas, ternate.

 

Teks Lengkap:

9-14

Referensi


Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68.

Arnani, N. P. R., & Husna, F. H. (2021). Perbedaan Kecenderungan Adiksi Gadget Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Psycho Idea, 19(01), 57–64

Bintoro, Y. C. (2019). Upaya Orangtua dalam Mengatasi Kecanduan Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di Desa Mandiraja Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang.

BPS Kota Ternate (2021). Kota Ternate dalam Angka tahun 2022.

BPS Kota Ternate (2021). Kecamatan Ternate Selatan dalam Angka 2022




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v2i1.6789

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.