Sosialisasi Pendidikan Karakter dan Motivasi Belajar Sejak Usia Dini pada Siswa SD Inpres 12 Halmahera Barat

Muhammad Nur Findra, Muhammad Irfan, M. Tasrik Idham, Sri Ningsih Umamit, Ginanti Salmin, Suriyani M. Ibrahim, Ilhan Mansis Yusuf, Rosita Basarun, Mohammad Faozan, Fihran R. Saumur, Farida Daeng Selang, Fahdi Fadli, Riska Sabualamo, Nur Laila, Sitti Murtiah, Nurul Magfirah Mahmud

Sari


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai generasi penerus bangsa perlu ada sosialisasi mengenai pendidikan karakter dan motivasi belajar pada siswa SD Inpres 12 Halmahera Barat. Pendidikan karakter anak usia dini merupakan usaha sadar untuk mengembangkan potensi anak usia dini dengan cara menanamkan pengetahuan merubah sikap dan tingkah laku menjadi menjadi anak yang memiliki watak, sifat dan kepribadian yang kuat melalui pengajaran, pelatihan nilai-nilai karakter yang ditanamkan sejak usia dini diantaranya: religius, integritas, gotong royong, mandiri, dan nasionalisme. Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini tim pelaksana kegiatan memberikan materi kepada para siswa dengan metode yang menarik sehingga para siswa antusias mengikuti jalannya kegiatan. Adapun materi yang disampaikan berupa penguatan karakter serta memberi motivasi kepada siswa-siswi agar menumbuhkan semangat dalam menuntut ilmu baik di sekolah maupun di rumah.


Teks Lengkap:

59-64

Referensi


Fatmawati, F. A. (2020). Implementasi pendidikan karakter anak usia dini pada orangtua yang bekerja. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 4(2), 1–10.

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126.

Hidaya, N., & Yasipin. (2020). Pendidikan karakter anak usia dini sebagai upaya peningkatan karakter bangsa. Jurnal Hawa, 1(1), 11–22.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter pada anak usia. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 82–89

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v2i2.7023

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.