Sosialisasi Metode Geolistrik Untuk Mengetahui Perlapisan Batuan Di Area Panas Bumi Ake Sahu

Alifianty Delila, Arbi Haya, Syarifullah Bundang

Sari


Panas bumi Ake Sahu yang terletak di Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, berpotensi sebagai pariwisata. Salah satunya karena lokasi yang bersinggungan langsung dengan pantai menjadi daya tarik yang unik. Masalah kurangnya pemahaman warga mengenai daerah di sekitar tempat tinggalnya, membuat warga tidak dapat memberikan dan meningkatkan daya tarik daerah, sehingga warga tidak dapat mengembangkan daerahnya. Hal ini berpengaruh pada kurangnya minat wisatawan terhadap panas bumi Ake Sahu. Sosialisasi metode geolistrik untuk mengetahui perlapisan batuan di kawasan panas bumi Ake Sahu, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman warga mengenai daerahnya. Metode pelaksanaannya dilakukan melalui penyampaian materi sosialisasi secara langsung, diantaranya pemaparan mengenai pengertian metode geolistrik, kegunaan metode geolistrik, manfaat pemahaman daerah terhadap peningkatan pariwisata, manfaat pariwisata dari segi peningkatan ekonomi, dan pemberian contoh dari daerah lain yang memiliki daya tarik pariwisata edukatif, serta demonstrasi survei metode geolistrik. Lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Selain itu, kegiatan dilengkapi dengan pengajuan angket kepada warga dan perangkat kelurahan Tosa dan diakhiri dengan dokumentasi foto bersama. Sosialisasi ini dapat dikatakan berhasil karena antusiasme dan keinginan warga untuk berkembang sangat besar, yang dapat dinilai secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif dinilai dari sesi diskusi dan tanya jawab yang terdapat 7 pertanyaan inti dan berkembang seiring diskusi dan pembahasan. Serta secara kuantitatif diukur dari angket bahwa 100% masyarakat menyadari keterdapatan potensi panas bumi di daerahnya, 80% masyarakat mengetahui metode geolistrik yang disampaikan, dan 100% pemaparan Tim Pemateri PKM mengenai metode geolistrik sangat jelas.


Teks Lengkap:

108-113

Referensi


Direktorat Panas Bumi dan Direktorat Jendral EBTKE. (2017). Potensi Panas Bumi Indonesia. Jilid 2. Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Google Earth. (2023). Kelurahan Tosa, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Diakses di https://earth.google.com/web/search

Hendrajaya, L. & Idam, A. (1990). Metode Geolistrik Tahanan Jenis. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Indriyani, N. K. S. (2014). Makalah Metode Geolistril (Artikel web). Diakses di https://mahasiswa.ung.ac.id/451412046/home/2014/10/27/makalah-metode-geolistrik.html

Kesuma, R. (2023). Pemandian Air Panas Akesahu (Artikel web). Diakses di https://direktoripariwisata.id/unit/657

Nurwahyudin, D.S. & Harmoko, U. (2020). Pemanfaatan dan Arah Kebijakan Perencanaan Energi Panas Bumi di Indonesia Sebagai Keberlanjutan Maksimalisasi Energi Baru Terbarukan. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan, 1(3), 111-123.

Telford, W.M., Geldart, L.P., dan Sheriff, R.E. (1998). Applied Geophysic. Second Edition. New York: Cambridge University Press.

Waluyo. (1984). Metode Resistivitas. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Yakup, A.P. & Haryanto, T. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Bina Ekonomi, 23(2), 39-47.




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v2i2.7266

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.