Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Perundungan Di SD IT Insantama Tidore

Badrun Ahmad, Muhammad Taufiq, Irnawaty ', Rindiyani A. Fatah

Sari


Perlindungan terhadap hak atas anak dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28B ayat (2). Pasal ini menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Tetapi, di masyarakat masih ada berbagai kekerasan yang menimpa anak, salah satunya adalah bullying atau perundungan. Peran teknologi berpengaruh kepada siswa-siswi di sekolah. Teknologi secara tidak langsung memfasilitasi siswa-siswi untuk melakukan bullying pada siswa yang lainnya. Kurangnya pengetahuan masyarakat dan pelajar terkait tindakan bullying membuat tindakan tindakan ini dianggap wajar di kalangan pelajar. Untuk itu, diperlukan sosialisasi stop bullying di kalangan pelajar/siswa-siswi di SD IT Insantama Kota Tidore. Adapun Metode sosialisasi ini dilakukan dengan menyampaikan materi secara langsung/Ceramah tentang definisi, dampak yang ditimbulkan, peraturan-peraturan yang terkait dengan bullying. Sharing, berdiskusi, tanya jawab dan dialog diberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam sosialisasi ini. Menggunakan alat bantu Audio Visual peralatan elektronik audio visual akan dapat digunakan untuk menampilkan foto-foto/ilustrasi para korban bullying. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa untuk turut serta melakukan sosialisasi tentang bahaya perundungan.

Kata Kunci: Perundungan, Anak, Sosialisasi, Pencegahan, Tidore


Teks Lengkap:

29-36

Referensi


Dayaskisni, T. dan Novalia. (2013). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1), 169-175.

Glew, R, & Feudtner. (2000). Bullying: Children Hurting Children. Pediatrics in Review. Seattle: University of Washington.

Smith, J. A., & Jones, B. T. (2020). Cyberbullying among adolescents: Prevalence, risk factors, and interventions. Journal of Adolescent Health, 67(2), 255-262.

Lee, K., & Kim, Y. (2018). The effects of bullying on academic achievement and school adjustment in elementary school students. School Psychology International, 39(3), 287-302.Sri Wahyuni, S. 2011, Menghasilkan biogas dari aneka limbah, PT agromedia pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v3i1.8626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.