Pengenalan Dini tentang Rambu Lalu Lintas Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar SD IT Insantama Kota Tidore

Kusnadi ', Badrun Ahmad

Sari


Data World Health Organisation (WHO) menunjukkan Indonesia menempati peringkat ketiga penyebab kematian akibat kecelakaan lalulintas. Sebanyak 1,2 juta orang meninggal setiap tahun pada kecelakaan lalu lintas. Rata-rata yang meninggal ini adalah anak-anak atau pelajar. Salah satu faktor menjadi penyebab kecelakaan lalulintas adalah kurangnya pemahaman atau pengetahuan tentang tertib lalulintas. Pemahaman mengenai tertib lalu lintas bagi para pelajar ini penting, terutama bagi pelajar Sekolah Dasar. Pelaksanaan sosialisasi tentang mengenal rambu-rambu tertitb lalulintas dilakukan di SD IT Insantama Kota Tidore. Harapannya dengan memberikan pengetahuan tentang tertib lalulintas maka dapat menekan angka kecelakaan lalulintas. Tahapan pelaksanaan kegiatan sosialisasi di SD IT Insantama ini dimulai dari pra kegiatan yang meliputi kegiatan perijinan dan persiapan sosialisasi. Kedua, pelaksanaan, dimulai dengan pemberian materi dengan metode ceramah, berdiskusi, dan menampilkan media pembelajaran seperti gambar dan video. Luaran berupa jurnal ber-ISSN, video youtube, dan luaran tambahan berupa HAKI (Poster).

Kata Kunci: kecelakaan,tertib, sekolah, pelajar, sosialisasi, tidore


Teks Lengkap:

37-43

Referensi


Dewi Handayani, dkk, Pengaruh Pelanggaran Lalu Lintas Terhadap Potensi Kecelakaan Pada Remaja Pengendara Sepeda Motor, E-Jurnal Matriks Tehnik Sipil, Universitas Sebelas Maret.

Herawati. Karakteristik dan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tahun 2012. Jurnal Warta Penelitian Perhubungan, Vol. 26, Nomor 3, 2014. Halaman 133-142.

Lovely Lady, dkk. Efek Usia, Pengalaman Berkendara, Dan Tingkat Kecelakaan Terhadap Driver Behavior Pengendara Sepeda Motor. Jurnal Teknologi, Vol. 12, No. 1, 2020. Halaman 57-64.

Priyambodo, Analisis Korelasi Jumlah Kendaraan dan Pengaruhnya Terhadap PDRB di Provinsi Jawa Timur Correlation Analytic of Vehicles and GDP on East Java Province. Jurnal Warta Penelitian Perhubungan, Vol. 30.




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v3i1.8627

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.