INOVASI PROMOSI OBYEK WISATA PURBALINGGA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY 360 PANORAMA BERBASIS ANDROID
Abstract
Purbalinga adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Potensi wisata dapat meningkatkan pendapatan dan memberi pengaruh penting dalam perkembangan daerah apalagi jika didukung oleh promosi yang menarik. Salah satu teknologi yang dapat digunakan sebagai penarik minat adalah tersedianya Virtual Reality (VR) yang membawa pengguna dapat berinteraksi dalam lingkungan di dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada didalamnya. Penelitian ini melakukan perancangan dan implementasi aplikasi promosi obyek wisata Kabupaten Purbalingga menggunakan teknologi VR berbasis Android. Penampilan obyek gambar menggunakan panorama 360o sehingga mampu menampilkan gambar tanpa batas dan tidak terpotong serta dapat melihat sekeliling gambar. Pengguna membutuhkan VR Headset untuk menampilkan obyek secara virtual. Pembuatan aplikasi dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan Unity3D. Aplikasi telah berhasil dioperasikan pada Sistem Operasi Andorid dengan spesifikasi minimal RAM 2GB serta OS Versi 4.4 Kitkat. Hasil penelitian telah dilakukan pengujian melalui kuesioner kepada 10 responden dengan 11 pertanyaan didapatkan rata-rata skor 488 atau persentase kelayakan sebesar 88,72% yang menyatakan bahwa aplikasi sangat layak digunakan. Berdasarkan pengujian black box didapatkan bahwa aplikasi telah berjalan dengan baik dan dapat menampilkan 3600 panorama beserta informasinya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
I. Tahyudin, N. A. Fitriyani, N. Dewiyanti, M. S. Amin, M. Y. Firdaus, and F. P. N. Utama, “Inovasi Promosi Obyek Wisata Menggunakan Teknologi Augmented Teality (AR) Melalui Layar berbasis Android,†J. Telemat., vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2015.
I. Riadi, A. Yudhana, and M. C. F. Putra, “Akuisisi Bukti Digital Pada Instagram Messenger Berbasis Android Menggunakan Metode National Institute of Justice (Nij),†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 219–227, 2018.
I. Riadi, R. Umar, and A. Firdonsyah, “Forensic tools performance analysis on android-based blackberry messenger using NIST measurements,†Int. J. Electr. Comput. Eng., vol. 8, no. 5, pp. 3991–4003, 2018.
T. Ramadhani and D. Saputra, “Penerapan Virtual Reality Untuk Mempromosikan Istano Basa Pagaruyuang Batusangkar Sebagai Tempat Wisata Budaya,†vol. 4, no. 1, pp. 129–142, 2017.
A. A. L. Rokhim and Sri, “IMPLEMENTASI MEDIA VISUALISASI 360 PADA PLATFORM,†vol. 11, no. 2, pp. 1127–1130, 2019.
H.Thuanetal, “Virtual Reality Technology for Campus Media Information.†.
A. Yudhana, Anton; Sunardi; Ikrom, “Aplikasi Android Untuk Monitoring Kualitas Lahan Pertanian,†no. 2006, pp. 7–12, 2018.
I. Riadi and R. Umar, “Identification Of Digital Evidence On Android ’ s,†Int. J. Comput. Sci. Inf. Secur., vol. 15, no. 5, pp. 3–8, 2017.
E. S. Pramukantoro et al., “Virtual Reality Technology for Campus Media Information,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, pp. 195–200, 2019.
E. Ginting, S, L, B; Sudrayana, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru,†Penerapan Teknol. Augment. Real. Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru, vol. 7694 LNAI, no. 2, pp. 1–12, 2012.
MADCOM and A. Y. Offset, Panduan Lengkap Adobe Photoshop CS4. Yogyakarta: ANDY OFFSET YOGYAKARTA, 2009.
I. Tahyudin and D. I. S. Saputra, “Aplikasi Augmented Reality ( Ar ) Sebagai Inovasi,†pp. 660–665, 2015.
C. nurhadi panindias, asmoro; yasuki rahmad, “Virtual Reality 360 Dalam Pengenalan Studio Seni.pdf.†.
G. Yuda Pramana, “Penerapan metode image stitching pada pembuatan virtual reality pengenalan islamic center universitas ahmad dahlan,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. xx, pp. 1–8, 2019.
M. I. Maramis, A. S. Lumenta, B. A. Sugiarso, and J. T. Elektro-ft, “Augmented Reality Pada Aplikasi Android Untuk Memperlihatkan Gedung Fatek,†E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 40–48, 2016.
K. Firdausy, S. Samadri, and A. Y. Yudhana, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Php Dan Mysql,†TELKOMNIKA (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 6, no. 2, p. 109, 2008.
R. Umar and R. I. Putri, “Pengembangan E-Commerce yang Terintegrasi dengan Market Basket Analysis,†Sentrinov, vol. 001, pp. 291–300, 2015.
Sunardi, A. Fadlil, and F. Al-Anshori, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kegiatan Santri Persada Berbasis Android,†J. Teknol., pp. 132–139, 2016.
Suharsimi Arikunto, “Penelitian tentang studi komperasi hasil belajar siswasekolah menengah atas yang menggunakan modul dengan yang non modul,†p. 1985, 1985.
DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v3i2.1756
Refbacks
- There are currently no refbacks.