PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA BATIK WIDI NUGRAHA NGAWI

Nur Ahlina Febriyati, M. Yusuf Arnol

Sari


Salah satu rumah industri batik yang terkenal di kota Ngawi, Jawa Timur yaitu Batik Widi Nugraha. Unit usaha kecil menengah ini fokus memproduksi kain batik. Sistem Penjualan yang diterapkan pada unit usaha ini masih manual, belum memungkinkan untuk memperluas area pemasaran dan menjangkau semua wilayah, serta sulitnya memperoleh informasi mengenai produk Batik Widi Nugraha. Diperlukan suatu sistem penjualan online berbasis website yang dapat mempermudah dalam memasarkan dan menjual produk batik tersebut secara luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi penjualan online berbasis website yang terintegrasi. Metodologi yang digunakan untuk perancangan dan pengembangan sistem penjualan online ini, adalah metodologi terstruktur dengan model SDLC (System Development Life Cycle). Dengan adanya sistem informasi penjualan ini, masyarakat semakin mudah untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang Batik Widi Nugraha Ngawi berupa informasi produk yang ditawarkan dan melakukan pembelian tanpa harus datang ke toko. Sistem informasi ini dirancang dengan menggunakan use case diagram. Dari hasil perancangan didapatkan bahwa perancangan sistem informasi berjalan terintegrasi dengan baik antara bagian administrator, pemilik toko dan pelanggan. Perancangan sistem informasi penjualan online berbasis website dapat membantu usaha Batik Widhi Nugraha untuk lebih berkembang dan meningkat hasil omset penjualannya sehingga dapat berimplikasi pada peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (konsumen) dan manajemen administrasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Saputra, “Analisis dan rekomendasi strategi e-commerce pada usaha kecil menengah batik sokaraja,” J. Pro B isnis, vol. 10, no. 1, pp. 19–35, 2017.

U. Mikro, K. Dan, M. Umkm, F. Irhamni, B. K. Khotimah, and B. D. Satoto, “SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PRODUK UNGGULAN,” vol. 2, no. 3, pp. 183–190, 2016.

W. Dari, “Penerapan Metode System Development Life Cycle Pada Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Produk Batik Kurowo Jakarta,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 3, no. 2, p. 225, 2015.

A. K. Harmianto, achmad fuad, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB,” vol. 02, no. 2, pp. 85–91, 2018.

M. K. Ari Muhardono, S.Kom., “Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Dan Daya Saing Usaha Pada Umkm,” vol. 5, no. 1, 2018.

Irma Yunita. R and Lilis Suryani, “Perancangan e-commerce Batik Pada Batik Banten,” J. Ilm. Sains Teknol. Univ. Banten Jaya Nufransa, vol. 5, no. 1, pp. 488–497, 2018.

Dedi, Triono, and W. Muhajiroh, “Perancangan Sistem E-Commerce Batik Sopiyan Hadi Berbasis Web,” Sisfotek Glob., vol. 7, no. 1, pp. 124–129, 2017.

R. W. Rudy, Retno Wahyudiarti, Victorani Megaputri, “Analisis Dan Perancangan E-Commerce (Studi Kasus: Roemah Soetera Batik Dan Bordir),” Semin. Nas. Inform. 2008 (semnasIF 2008), vol. 2008, no. semnasIF, pp. 226–233, 2008.

R. Aulianita, Herlawan, and B. Santoso, “Sistem Informasi Penjualana Batik Berbasis Web Pada Toko Kafaya Batik Bekasi,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. IX, no. 1, pp. 69–78, 2013.

R. . Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: ANDI, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v3i3.2270

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



 

 

 

P-ISSN : 2614 - 8897 | E-ISSN : 2656 -1948

View JiKO Stats :



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.