PERANCANGAN VIRTUAL MUSEUM BERBASIS CLIENT-SERVER DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTER DESIGN

Bagus Muhammad Akbar

Abstract


Perkembangan teknologi informasi membuat penggunaan teknologi menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia. Kebutuhan pada teknologi juga dating dari dunia pendidikan dan wisata, salah satunya museum. Pengelola museum menginginkan penggunaan teknologi untuk memudahkan pengunjung museum dalam melihat koleksi museum. Untuk memnuhi kebutuhan tersebut dilakukan perancangan aplikasi virtual museum ini dibuat berbasis client-server dan menggunakan QR Code. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengguna terkait penggunaan aplikasi virtual museum untuk memudahkan pengguna dalam memperoleh informasi terkait koleksi museum. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan metode User Center Design dalam model pengembangan sistem menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC). Metode User Center Design adalah suatu metode pengembangan sistem informasi yang berfokus pada pengguna. Dengan menggunakan metode user center design pada model system development life cycle dihasilkan beberapa tahapan proses pengembangan yaitu Identifikasi kebutuhan fungsional dan non fungsional, perancangan sistem dan jaringan, implementasi sistem dan pengujian sistem. Setelah dilakukan perancangan aplikasi virtual museum berbasis client-server dengan menggunakan metode user center design dan setelah dilakukan pengujian sistem dengan menggunakan metode black box testing didapatkan hasil sistem yang berfungsi dengan baik serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang diidentifikasi dengan kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional.

References


I. El Khalkhali, 2014. “The use of DOKEOS e-learning platform in a Moroccan Business School,†Int. Conf. Multimed. Comput. Syst. -Proceedings, pp. 633–638, doi: 10.1109/ICMCS.2014.6911146.

L. A. Maye, D. Bouchard, G. Avram, and L. Ciolfi, 2017. “Supporting cultural heritage professionals adopting and shaping interactive technologies in museums,†DIS 2017 - Proc. 2017 ACM Conf. Des. Interact. Syst., pp. 221–232, doi: 10.1145/3064663.3064753.

M. E. Wu, S. Y. Chang, C. J. Lu, and H. M. Sun, 2014, “A communication-efficient private matching scheme in Client-Server model,†Inf. Sci. (Ny)., vol. 275, pp. 348–359, doi: 10.1016/j.ins.2014.01.016.

K. R. Devi, A. M. Sen, and K. Hemachandran, 2012. “A working Framework for the User-Centered Design Approach and a Survey of the available Methods,†Ijsrp, vol. 2, no. 4, p. 8, [Online]. Available: http://www.ijsrp.org/research_paper_apr2012/rp05.html.

N. A. Febriyati, M. Y. Arnol, S. Informasi, P. Online, and B. W. Nugraha, 2020. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Design Sales Information System Online Based On Web On Batik,†vol. 3, no. 3, pp. 153–158, doi: 10.33387/jiko.

R. Ganpatrao Sabale, 2012.“Comparative Study of Prototype Model For Software Engineering With System Development Life Cycle,†IOSR J. Eng., vol. 02, no. 07, pp. 21–24, doi: 10.9790/3021-02722124.

H. S. Oluwatosin, 2014 “Client-Server Model,†IOSR J. Comput. Eng., vol. 16, no. 1, pp. 57–71, doi: 10.9790/0661-16195771.

R. Parlika et al., 2020. “Implementation Of Mysql Access And Local Web Server Through The Internet Network Using Ngrok,†vol. 3, no. 3, pp. 131–136, doi: 10.33387/jiko.

J. Chanda, A. Kanjilal, S. Sengupta, and S. Bhattacharya, 2009. “Traceability of requirements and consistency verification of UML UseCase, activity and class diagram: A formal approach,†Proc. Int. Conf. Methods Model. Comput. Sci. ICM2CS09, doi: 10.1109/icm2cs.2009.5397941.

M. Ehmer and F. Khan, 2012. “A Comparative Study of White Box, Black Box and Grey Box Testing Techniques,†Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 3, no. 6, pp. 12–15, doi: 10.14569/ijacsa.2012.030603.

T. Deuschel., T. Heuss and B. Humm, 2014.“The Digital Online MuseumA new approach to experience virtual heritage,†Proceedings of the 4th International Workshop on Semantic Digital Archives, pp. 38-48.

G. Varinlioglu dan B. Ozguc, 2012.“ Web-based Information System for Virtual Museum of Underwater Cultural Heritage in Turkey,†SIGRAD pp. 204-208.

K. Whiteside, G. Atkinson, M. Stump, G. Lawrence dan D. E.Tamir, 2015.“ Musing: A Mobile Client and Web ServerAugmented Reality Applicationfor Museum Visitors and Curators,†International Journal on Advances in Telecommunication. vol 8 (1). pp. 9-24.

L. Barbieri, M. Muzzupappa dan F. Bruno, 2018.“ User-centered design of a virtual reality exhibit for archaeological museums,†International Journal on Interactive Design and Manufacturing (IJIDeM). vol 12 (4). pp. 1-11.

Suliswaningsih., E. Utami dan A. Sunyoto, 2017.“ Perancangan Museum Batik Virtualmenggunakan Pendekatan MDA,†Jurnal Telematika. vol 10 (2). pp. 151-165.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v4i1.2408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.