PENGEMBANGAN TELEGRAM BOT SEBAGAI SOLUSI PENGOLAHAN DATA KOLAM PADA BUDI DAYA UDANG UNTUK JALA TECH

Mohammad Reza Ali Firdaus, Chanifah Indah Ratnasari

Abstract


Jala Tech merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan budi daya udang digital dengan bantuan teknologi. Jala Tech menawarkan layanan seperti kemudahan dalam manajemen tambak udang, pengelolaan data pakan yang efisien, dan kemudahan dalam memantau data kolam udang yang dapat direpresentasikan menggunakan grafik serta sistem pendukung keputusan untuk pengguna. Jala Tech memiliki produk berupa alat ukur kualitas air yang dapat terhubung dengan internet yang bernama Jala Baruno. Jala Baruno merupakan alat perangkat keras yang terhubung dengan internet, berguna untuk mengukur kualitas air pada kolam udang dan menyimpan data hasil pengukuran ke database Jala. Data yang tersimpan dapat diakses dan dikelola menggunakan aplikasi Jala berbasis web dan mobile. Namun, pada kondisi petambak tidak dapat mengakses aplikasi Jala dikarenakan keterbatasan gawai atau jaringan internet, maka petambak udang akan kesulitan dalam mencatat dan memantau data kolam pada budi daya udang mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat bot Telegram sebagai solusi alternatif bagi petambak udang (dan field assistance Jala) yang diharapkan dapat menunjang pemantauan dan pencatatan data kolam udang di saat Jala Apps kurang memungkinkan untuk digunakan. Telegram dipilih karena kemudahan dalam penggunaannya dan ramah untuk diakses dalam media gawai apapun seperti smartphone dan komputer, serta tidak memerlukan kapasitas internet yang besar untuk pengaksesannya dibandingkan dengan aplikasi Jala. Telegram bot ini dikembangkan dengan metode scrum dan dan bahasa pemrograman JavaScript, pengujian menggunakan metode blackbox testing. Dibangunnya  bot Telegram pada penelitian ini diharapkan menjadi solusi yang selalu tersedia bagi petambak, tanpa mengkhawatirkan siklus budi daya udang menjadi terhambat, serta dapat digunakan di manapun dan kapanpun.


References


T. Sutikno, L. Handayani, D. Stiawan, M. A. Riyadi, and I. M. I. Subroto, “WhatsApp, viber and telegram: Which is the best for instant messaging?,†International Journal of Electrical and Computer Engineering, vol. 6, no. 3, pp. 909–914, Jun. 2016, doi: 10.11591/ijece.v6i3.10271.

A. D. Nobari, N. Reshadatmand, and M. Neshati, “Analysis of telegram, an instant messaging service,†in International Conference on Information and Knowledge Management, Proceedings, Nov. 2017, vol. Part F131841, pp. 2035–2038. doi: 10.1145/3132847.3133132.

M. Wisnu Alfiansyah, I. Gede Putu Wirarama Wedashwara, and A. Zafrullah Mardiansyah, “Implementasi IoT Untuk EWS Menggunakan Metode DES Model Holt Pada Tambak Udang Vaname (Implemented of IoT for EWS Using the Holt Model Des Method in Vaname Shrimp Ponds),†Journal of Computer Science and Informatics Engineering, vol. 5, no. 1, Jun. 2021.

A. Sylvanie, R Subekti, “Aplikasi Chatbot untuk FAQ Akademik di IBI-K57 dengan LSTM dan Penyematan Kataâ€, JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol.5, no. 1, April, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.33387/jiko.v5i1.3703

B. Grebić and A. Stojanović, “Application of the Scrum Framework on Projects in IT Sector,†European Project Management Journal, vol. 11, no. 2, pp. 37–46, 2021, doi: 10.18485/epmj.2021.11.2.4.

P. Kokol and M. Kokol, “Software Development with Scrum: A Bibliometric Analysis and Profile Using bibliometrics for knowledge discovery View project Encyclopedia of Business and Professional Ethics View project,†Library Philosophy and Practice (e-journal), no. 4705, Jan. 2020.

S. Hidayah Nova, A. Puji Widodo, B. Warsito, and S. Pasca Sarjana, “Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review,†Techno.COM, vol. 21, no. 1, pp. 139–148.

M. Agung Nugroho et al., “PENGEMBANGAN APLIKASI QnA UNTUK PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM,†JOISM : JURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, vol. 2, no. 2, pp. 2715–3088, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i1.408.

R. E. Riwanto, R. L. Wijaya, A. A. Prawoto, J. Fernandes Andry, and T. Prayogo, “Development Point of Sales Using SCRUM Framework,†JOURNAL OF SYSTEMS INTEGRATION, Jan. 2019, doi: 10.20470/jsi.v10i1.359.

Krunal Bhavsar, Vrutik Shah, and Samir Gopalan, “Scrum: An Agile Process Reengineering in Software Engineering,†International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, vol. 9, no. 3, pp. 840–848, Jan. 2020, doi: 10.35940/ijitee.c8545.019320.

D. Li, M. Dong, Y. Yuan, J. Chen, K. Ota, and Y. Tang, “SEER-MCache: A Prefetchable Memory Object Caching System for IoT Real-Time Data Processing,†IEEE Internet of Things Journal, vol. 5, no. 5, pp. 3648–3660, Oct. 2018, doi: 10.1109/JIOT.2018.2868334.

T. Davis, “Webhooks,†2011. Available: https://webhooks.pbworks.com/w/page/13385124/FrontPage (accessed Jun. 10, 2022).

H. Setiaji and I. v. Paputungan, “Design of Telegram Bots for Campus Information Sharing,†in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Mar. 2018, vol. 325, no. 1. doi: 10.1088/1757-899X/325/1/012005.

Telegram, “Bots: an introduction for developers,†2020. Available: https://core.telegram.org/bots (accessed Jun. 10, 2022).

K. Sun and S. Ryu, “Analysis of JavaScript programs: Challenges and research trends,†ACM Computing Surveys, vol. 50, no. 4, Aug. 2017, doi: 10.1145/3106741.

MDN Web Docs, “JavaScript,†May 2022. Available: https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/JavaScript (accessed Jun. 10, 2022).

M. Sinev, D. Neshko, A. Semenov, N. Karamysheva, and D. Trokoz, “Virtual assistant for remote submission of applications for enrollment in educational organizations *,†in CEUR Workshop Proceedings, 2021. Accessed: Jun. 11, 2022. [Online]. Available: http://ceur-ws.org/Vol-2922/

Thomas Hamilton, “What is BLACK Box Testing? Techniques, Example & Types,†Mar. 2022. Available: https://www.guru99.com/black-box-testing.html (accessed Jun. 11, 2022).

T. Snadhika Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),†Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 03, no. 02, Jan. 2018.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v5i2.4666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.