IMPLEMENTASI DATA MINING ANALISIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK HERBAL DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH
Abstract
Dalam persaingan di dunia bisnis khususnya dalam industri produk herbal, menuntut para pengusaha untuk menemukan suatu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk herbal. Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan produk berbal adalah dengan memanfaatkan data transaksi dan penjualan produk herbal. PT. HPAI secara resmi didirikan pada tanggal 19 Maret 2012, Produk-produk yang ditawarkan oleh business center Jakarta Barat 2 sangat beragam seperti produk Extra Food, Ethawa Goat Milk, Minyak Herba Sinergi, Sari Kurma, dan masih banyak lagi. Setiap bulannya business center Jakarta barat 2 melayani banyak transaksi penjualan Setiap masalah penjualan produk herbal di business center HNI-HPAI selalu dicatat yang dilakukan setiap menit, setiap hari, setiap minggu bahkan bertahun-tahun. Sehingga data akan semakin menumpuk bisa berasal dari proses manual maupun proses komputasi. Untuk mengetahui produk herbal dengan penjualan terbanyak dan keterkaitan produk herbal diperlukan salah satu algoritma yang ada di algoritma data mining yaitu Algoritma Apriori dan FP-Growth untuk dapat mengetahui data penjualan produk herbal dengan menghitung manual dan Software RepidMiner, produk herbal yang muncul secara bersamaan dan dapat diketahui merk produk apa saja yang paling unggul dan yang paling banyak diminati masyarakat yaitu dengan menghitung data transaksi penjualan tahun 2020-2021 dengan support 30% dan Confidence 60% mahan akan mendapatkan hasil asosiasi final yaitu ETHAWA GOAT MILK dan MINYAK HERBA SINERGI dengan Support 50% dan Confidence 66,7% dan MINYAK HERBA SINERGI dan ETHAWA GOAT MILK dengan Support 50% dan Confidence 85.7% hasil dari perhitungan Algoritma Apriori dan FP-Growth pada data transaksi selama 1 tahun yaitu ETHAWA GOAT MILK (EGM) dan MINYAK HERBA SINERGI (MHS).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
R. Purnama, “Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis),†Pustaka Karya J. Ilm. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 9, no. 1, p. 10, 2021, doi: 10.18592/pk.v9i1.5158.
U. Islam and N. Alauddin, “STRATEGI LITERASI INFORMASI DALAM PENCARIAN REFERENSI,†vol. 12, no. 2, pp. 16–26, 2021.
D. Sepri and M. Afdal, “Analisa Dan Perbandingan Metode Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Mencari Pola Daerah Strategis Pengenalan Kampus Studi Kasus Di Stkip Adzkia Padang,†J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 1, no. 1, pp. 47–55, 2017.
S. Choerunnisa Nurzanah, S. Alam, and T. Iman Hermanto, “Analisis Association Rule Untuk Identifikasi Pola Gejala Penyakit Hipertensi Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Klinik Rafina Medical Center),†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 132–141, 2022, doi: 10.33387/jiko.v5i2.4792.
A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i1.100.
L. Henando, “Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Analisa Perbandingan Data Penjualan Leptop Berdasarkan Merk Yang Diminati Konsumen (Studi Kasus : Indocomputer Payakumbuh),†J-Click, vol. 6, no. 2, pp. 201–207, 2019.
I. Sasangka, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung,†J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 129–154, 2018.
F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,†Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018.
E. Manurung and P. S. Hasugian, “Data mining tingkat pesanan inventaris kantor menggunakan algoritma apriori pada kepolisian daerah sumatera utara,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 8–13, 2019.
D. Anggraini, S. A. Putri, and L. A. Utami, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 302, 2020.
E. N. Salamah and N. Ulinnnuha, “Analisis Pola Pembelian Obat dan Alat Kesehatan di Klinik Ibu dan Anak Graha Amani dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2017.
O. Pahlevi, A. Sugandi, and I. D. Sintawati, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Pengendalian Kualitas Produk,†Sinkron, vol. 3, no. 1, pp. 272–278, 2018.
E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.
A. Nastuti, “Amelia Nastuti 1 ) , Syaiful Zuhri Harahap 2 ),†Tek. Data Min. Untuk Penentuan Paket Hemat Sembako Dan Kebutuhan Hari. Dengan Menggunakan Algoritm. Fp-Growth, vol. 7, no. 3, pp. 111–119, 2019.
B. S. Pranata and D. P. Utomo, “Penerapan Data Mining Algoritma FP-Growth Untuk Persediaan Sparepart Pada Bengkel Motor (Study Kasus Bengkel Sinar Service),†Bull. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 83–91, 2020.
DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v5i3.5438
Refbacks
- There are currently no refbacks.