PERANCANGAN APLIKASI ANDROID SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Muhammad Randy Gelby Hattari, Salkin Lutfi, Amal Khairan

Abstract


Universitas Khairun (Unkhair) telah memiliki sistem informasi akademik dalam bentuk aplikasi web. Aplikasi web sistem informasi akademik dapat diakses melalui berbagai perangkat salah satunya dengan perangkat mobile, namun ketika dibuka melalui perangkat mobile ukuran nya tetap sama dengan ukuran pada web dan terbuka utuh sehingga terlihat cukup kecil tampilannya dan butuh zoom berulang kali untuk terbaca dan terdapat menu yang sensitif. Pembangunan aplikasi ini berbasis android sehingga dapat berjalan pada perangkat smarthphone, dan Android merupakan sistem operasi pada handphone yang bersifat terbuka dan berbasis pada sistem operasi Linux. Pengembangan penelitian ini mmenggunakan metode prototype, dimana terdapat 3 proses dalam perancangan yaitu mendengarkan pelanggan, membangun dan merancang sistem, serta pengujian pelanggan. Penerapan aplikasi mobile sistem informasi akademik ini mencakup dua user penting dalam proses akademik yaitu mahasiswa dan dosen. Hasil pengujian aplikasi dari masing-masing user menghasailkan bahwa user dapat mengakses sistem informasi akademik mobile telah sesuai kebutuhan masing - masing user, sehingga aplikasi ini dikatakan berhasil dan siap digunakan.

References


Fikri, Imaduddin Al, Darlis Herumurti, and Ridho Rahman H. 2016. “Aplikasi Navigasi Berbasis Perangkat Bergerak Dengan Menggunakan Platform Wikitude Untuk Studi Kasus Lingkungan ITS. Jurnal Teknik ITS. Vol. 5. No.1.

Moh. Ihsan Alhudri. 2014. Sistem Informasi Pelayanan Jamaah Umroh Berbasis Web Pada Pusdai Tour & Travel. Skripsi Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Safaat H., Nasruddin. 2012. Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis android. Penerbit Informatika.

Solichin, Ahmad. 2005. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Universitas Budi Luhur. Jakarta.

Warno. 2012. Pembelajaran Pemrograman Bahasa Java Dan Arti Keyword. Jurnal Komputer. Vol. 8. No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v1i2.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.