SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB UNTUK KEMUDAHAN PENJUALAN BARANG DI KOTA TERNATE

Harmianto Harmianto, Achmad Fuad, Amal Khairan

Abstract


Penjualan online telah banyak diterapkan di Indonesia, namun di Kota Ternate belum dapat menikmati fasilitas Cash On Delivery (COD) yang disediakan oleh sistem jual beli yang ada. Di Kota Ternate sudah menikmati jual beli secara online namun masih menggunakan fasilitas grup disalah satu media sosial yang dimana dari sisi keamanannya masih terbilang kurang karena pengolahan data member tidak terverifikasi dengan baik. Maka dibuatlah sistem informasi penjualan online sekitar Kota Ternate dan menerapkan model verifikasi yang lebih aman pada proses jual beli. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall. Sistem Informasi yang dibuat ini sangat ketat pada validasi member dan pembayaran, validasi member dilakukan pada saat registrasi, dimana yang bukan merupakan masyarakat Ternate Maluku Utara maka admin akan memblokir registrasi member tersebut, pada proses pembayaran, dimana uang atau harga barang yang dibeli oleh pembeli tidak langsung masuk ke rekening penjual melainkan masuk ke rekening Natezonedot.com. Pengujian sistem menggunakan black box adapun hal yang diuji adalah tampilan login dan registrasi. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dibangun sudah berjalan sesuai dengan fungsi yang diberikan. Dalam tahap implementasinya telah dibuat dengan baik sehingga dapat dioperasikan dan digunakan secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan.

References


Djoni, Alex. 2002. Aplikasi E-Commerce www.komputeronline.com dengan menggunakan MySQL dan PHP4.Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Ludiyanto, wawan. 2010. Notifikasi Layanan Pengiriman Email Masuk Berbasis SMS Gateway. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur. Surabaya.

Puspita Dwi Astuti. 2011. Sistem Informasi Penjualan Obat Pada Apotek Jati Farma Arjosari.

Sri Haryanti, Tri Irianto. 2011. Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah. Universitas Surakarta. Surakarta.

Sumiyati. 2017. Sistem Informasi Inventory Berbasis Web dengan Konsep Group Technology pada Perum Bulog Sub Divre Wilayah Ternate. Universitas Khairun.




DOI: https://doi.org/10.33387/jiko.v1i2.774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.