Proses Review

  1. Artikel yang di masukkan (disubmit) akan diseleksi oleh Editor terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal, kesesuaian dengan template Jurnal dan tingkat kesamaan naskah Dalam proses ini, editor akan menjalin komunikasi dengan penulis sehingga naskahnya layak dikirim ke Reviewer atau bahkan dikembalikan/decline.
  2. Artikel yang memenuhi langkah 1 diatas akan diteruskan kepada 2 Reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind review
  3. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kontribusi paper, originalitas, kelayakan abstrak, kejelasan sistematika dan penyajian paper, kelengkapan dan kemutakhiran pustaka, tata bahasa penulisan paper dan lain-lain yang dianggap penting oleh reviewer.
  4. Reviewer akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel.
  5. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer)
  6. Jika keputusannya adalah naskah dibutuhkan revisi maka penulis harus memperbaiki naskah sesuai yang rekomendasi reviewer dan editor. dan kembali meng-upload naskah.
  7. Editor kembali memeriksa apakah naskah sudah sesuai atau belum. jika belum sesuai maka editor kembalikan lagi naskah kepada penulis untuk direvisi.
  8. keputusan editor bersifat final