Pengenalan Metode Tilawati Sebagai Solusi Efektif Untuk Membaca Al-Qur’an Secara Tartil Di TPQ As-Syafi’i
Sari
Pengenalan Metode Tilawati sebagai solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran secara tartil di TPQ As-Syafii merupakan upaya pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan mengatasi permasalahan rendahnya pemahaman tajwid dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Program ini melibatkan pelatihan guru TPQ, penyediaan bahan ajar berbasis metode Tilawati, serta pendampingan dan evaluasi selama pelaksanaan. Metode Tilawati mengutamakan ketepatan makhraj dan tajwid dengan pendekatan pembelajaran yang mudah dan menyenangkan bagi anak-anak. Hasil sementara menunjukkan peningkatan keterampilan membaca Al-Quran santri serta peningkatan kompetensi guru. Pelaksanaan program memperhatikan keterbatasan fasilitas dan jumlah peserta, namun telah berhasil mencapai target utama luaran pengabdian, termasuk penyusunan laporan dan publikasi ilmiah yang sedang dalam proses. Diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan menjadi model pembelajaran Al-Quran di masyarakat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, Z. (2019). Strategi Pembelajaran Tahsin Tilawah di TPQ: Pendekatan Klasikal dan Baca-Simak. Jurnal Pendidikan Islam Anak, 7(2), 101–116.
Al-Muaffa, A., dkk. (2018). Panduan Metode Tilawati untuk TPQ dan Madrasah Diniyah. Surabaya: Pesantren Tilawati Press.
Anwar, M. (2020). Implementasi Nada Rost dalam Pembelajaran Tilawati untuk Meningkatkan Tartil Santri Pemula. Jurnal Metodologi Qur’ani, 5(1), 45–58.
Azizah, N. (2021). Evaluasi Munaqosyah pada Metode Tilawati: Indikator Ketepatan Makharij dan Hukum Tajwid. Jurnal Evaluasi Pendidikan Islam, 3(3), 233–247.
Fadilah, R. (2022). Kelas Berjenjang Tilawati: Desain Modul dan Rubrik Asesmen Formatif. Journal of Islamic Early Education, 4(1), 67–81.
Hidayatullah, R. (2020). Analisis Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 189–204.
Kementerian Agama RI. (2015). Standar Kompetensi Lulusan TPQ dan Kurikulum Pendidikan Al-Qur’an Nonformal. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah.
Muhsinin, A. (2017). Pembiasaan Tartil dan Tahsin Berbasis Tilawati: Praktik, Tantangan, dan Solusi. Jurnal Pengabdian dan Pendidikan Ummat, 2(2), 120–131.
Nadlif, A., & Choirunnisa, S. (2024). Penerapan Metode Tilawati di TK IT: Kelebihan, Keterbatasan, dan Dampak pada Motivasi Santri. Jurnal Golden Paedagogik, 8(1), 55–66.
Nurdianti, F. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di BA Aisyiyah: Studi Lapangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 142–156.
Parboaboa Editorial. (2023). Belajar Metode Tilawati: Kelebihan, Kekurangan, dan Penerapan. Parboaboa Pendidikan, 24 Agustus 2023.
Rofi’ah, L. (2018). Manajemen Kegiatan TPQ Berbasis Tilawati: Penjadwalan, Monitoring, dan Umpan Balik. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 215–229.
Suryana, D. (2019). Pendekatan Seni dalam Pembelajaran Al-Qur’an: Nada, Irama, dan Keterlibatan Emosional. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, 9(1), 73–88.
Ubbiyati, N. (2016). Metodologi Pengajaran Al-Qur’an untuk Anak: Konsep, Prinsip, dan Praktik. Bandung: Pustaka Didaktika.
Umron, A., Hardi, W., Suyono, T., Tjiroso, B., Gunawan, I., & Abbas, M. F. H. (2024). Sosialisasi Tempat Ibadah Ramah Anak di Masjid Al Maliki Perum Low Permai Ngade. Journal of Khairun Community Services (JKC), 4(2), Oktober.
Yuliani, H. (2020). Integrasi Tajwid dan Makharij dalam Tilawati: Dampaknya pada Kelancaran Bacaan. Jurnal Riset Pendidikan Qur’ani, 2(3), 199–212.
DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v5i2.10771
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
 
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
| Journal Policies | Submissions | People | Information | 
Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









 
 

