Save Our Beach: Kawasan Wisata Pulau Galo-Galo, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai

Rinto M. Nur, Asy’ari Asy’ari, Bambang Tjiroso, Ardin Umar, Arisetiawan Arisetiawan

Sari


Morotai merupakan salah satu wilayah strategis, terutama dalam pengembangan pariwisata berbasis pantai. Beberapa icon wisata pantai yang dimiliki Morotai diantaranya Pulau Dodola, Pulau Kolorai, Pulau Kokoya, Pulau Zum-zum, Pantai Nunuhu, Tanjung Gorango, Tanjung Dehe Gila, Pantai Batu Lobang, dan beberapa tempat lainnya. Namun tidak kalah menariknya adalah pantai yang berada di Pulau Galo-Galo. Pulau Galo-galo merupakan kawasan pantai yang sangat potensial tapi masih belum terkelola dengan baik. Kawasan pantai ini memiliki daya tarik karena merupakan pulau kecil yang dikelilingi pasir putih dengan air laut yang hijau kebiruan. Namun, masalah kebersihan pantai menjadi problem utama yang membuat pantai ini memiliki selling point yang lemah. Tujuan kegiatan ini dapat menanamkan pemahaman masyarakat sejak dini dan sebagai pemacu semangat masyarakat Galo-Galo agar dapat menerapkan pola hidup bersih dan menciptakan pantai yang bersih dan indah sebagai kawasan wisata bahari. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama pantai yang dijadikan sebagai kawasan wisata dengan cara pemberian pemahaman kepada siswa SD, MTs dan masyarakat umum di Desa Galo-Galo. Selain itu, tim pengabdian beserta masyarakat Desa Galo-Galo turun ke lapangan, bersama-sama membersihkan pantai untuk menciptakan pantai yang bersih dan indah

Kata Kunci


pembersihan; pantai; kawasan; wisata; galo-galo

Teks Lengkap:

55 - 59

Referensi


Anonim. 2014. RPI2-JM: Kabupaten Pulau Morotai. Bantuan Teknis RPI2JM Dalam Implementasi Kebijakan Keterpaduan Program Bidang Cipta Karya – Provinsi Maluku Utara Tahun 2014.

Anonim. 2019. Profil Desa Galo-Galo Tahun 2019, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai.

Awaluddin M.Y. 2011. Introduksi Konsep Bersih Pantai (Costal Cleanup) di Pantai Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Harpodon Borneo. 4(2): 1-6.

Muwardi W. 2000. Dampak Otonomi Daerah Bagi Perkembangan Industri Pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Pariwisata. 4(3): 9-25.

Nasional. 2018. Morotai Berbenah Menuju ‘Bali Baru’. http://m.harnas.co/2018/03/15/morotai-berbenah-menuju-bali-baru




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v2i1.4461

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.