Pendampingan Masyarakat Dalam Pengelolaan Lingkungan Melalui Sosialisasi Bank Sampah Di Kelurahan Tadenas, Kecamatan Moti, Ternate

Sherly Asriany, Anthonius Frederik Raffel

Sari


Pengelolaan lingkungan merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu perlu adanya usaha penyadaran pada masyarakat akan pentingnya hal tersebut. Usaha penyadaran masyarakat mengenai lingkungan dengan melaksanakan suatu program khusus melalui sosialisasi dalam mengelola sampah (bank sampah). Permasalahan yang terdapat di Kelurahan Tadenas, Kecamatan Moti, Ternate selain masalah persampahan juga bagaimana meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah metode Participatory Rural Appraisal (PRA) berbasis kemitraan dan potensi lokal. Metode ini menekankan pada keterlibatan masyarakat dalam keseluruhan kegiatan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang proses pengelolaan, pengolahan, dan pelaksanaan permasalahan sampah serta meningkatkan invonasi dan kreatifitas masyarakat terhadap ekonomi kreatif. Program ini mengadopsi sistem pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah lingkungan dalam konsep bank sampah. Dilaksanakan guna menggalakkan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan lingkungan yang berorientasi pada terciptanya lingkungan masyarakat yang mampu mengelola sampah secara mandiri dan menjadikan sampah sebagai salah satu sumber penghasilan rumah tangga. Hasil dari program pengabdian ini adalah penyadaran kepada masyarakat tentang pengelolaan lingkungan dan pembentukan komunitas bank sampah yang terorganisir.


Kata Kunci


Bank Sampah; Pendampingan Masyarakat; Sosialisasi

Teks Lengkap:

1 - 7

Referensi


Adisasmita, Rahardjo, (2006), Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan: Konsep dan Model Community Development, Yogyakarta, Penerbit Graha Ilmu.

Abu Talkah, Hendro Prasetyo, Soemarno, (2016), Green Technology Pengelolaan Sampah, Program Pascasarja Universitas Brawijaya.

Frick, Heinz, Suskiyanto, Bambang FX., (1998), Dasar-dasar Eko-Arsitektur, Yogyakarta, Penerbit Kanisius,.

Inoguchi, Takashi, Newman, Edward, Paoletto, Glen (ed.), (2003), Kota dan Lingkungan: Pendekatan Baru Masyarakat Berwawasan Ekologi, Jakarta, LP3ES.

Khudori, Darwis, (2002), Menuju Kampung Pemerdekaan: Membangun Masyarakat Sipil Dari Akar-akar, Belajar dari Romo Mangun Di Pinggir Kali Code, Yogyakarta, Yayasan Pondok Rakyat.

Karyono, Tri Harso, (2010), Green Architecture: Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau Di Indonesia, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada.

Mediastika, Christina, (2013), Hemat Energi dan Lestari Lingkungan Bangunan, Jakarta, Andi Publisher.

Suryati, Teti, (2009), Bijak dan Cerdas Mengolah Sampah-Membuat Kompos Dari Sampah Rumah Tangga, Jakarta, Agromedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v3i1.5380

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.