Penanaman Mangrove Di Taman Pantai Army Dock Kabupaten Pulau Morotai

Asy’ari Asy’ari

Sari


Ekosistem mangrove merupakan barrier alami bagi wilayah pesisir sebagai penahan gelombang, sedimen, tiupan angin, peredam alami tsunami, dan melindungi garis pantai dari abrasi. Terdapat 19 jenis mangrove dengan luas 1.562 Ha yang tersebar di beberapa wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Pulau Morotai. Kegiatan Pengabian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 29 Agustus 2021. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mereboisasi mangrove yang ada di Taman Army Dock. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tercipta prilaku atau budaya sadar lingkungan di masyarakat pada umumnya, dan menjadi salah satu perwujudan dari Thi Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari akademisi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Danlanal, Danlanud, serta beberapa media massa dan LSM di Kabupaten Pulau Morotai. Bibit mangrove yang ditanam sebanyak 500 pohon dari jenis bakau (Rhizopora sp.) dan pedada (Soneratia alba). Tahapan kegiatan ini meliputi survey lokasi, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, dan evaluasi. Dampak yang diharapkan dari kegiatan ini adalah timbulnya kesadaran dari masyarakat luas mengenai pentingnya ekosistem mangrove.


Kata Kunci


penanaman; mangrove; taman army dock; morotai

Teks Lengkap:

99 - 103

Referensi


Ahmad F. 2014. Jenis-Jenis Bakau di Daruba dan Wayabula, Pulau Morotai, Maluku Utara. Berita Biologi, 13(3): 255-262.

Alwi D, Koroy K, dan Laba E. 2019. Struktur Komunitas Ekosistem Mangrove di Desa Daruba Pantai Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(4): 33-46.

Idrus S. dan Kusman M.R. 2021. Analisis Kualitas Lingkungan dan Kesesuaian Ekowisata Mangrove di Pulau Dodola Kabupaten Pulau Morotai. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 11(1): 120-129.

Kariada, T.M., dan Andin, I., 2014. Peranan Mangrove sebagai Biofilter Pencemaran Air Wilayah Tambak Bandeng, Semarang. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 21(2):188-194

Noor, Y. R., Khazali, M. and Suryadiputra, I. N. N. 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PHKA/WI-IP. Bogor.

Rivilgo, W., Tanjung A., dan Ghalib M. 2017. Struktur Komunitas Mangrove Di Perairan Desa Kuala Alam. Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v2i2.5385

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.