Sosialisasi Pengembangan Peta Jalur Pendakian Gunung Gamalama

Almun Madi, George Belly Sahetapy

Sari


Kota Ternate merupakan Kota yang berada di Gunung Gamalama, memiliki beragam potensi alam salah satunya adalah kawasan ekowisata pendakian Gunung Gamalama. Peta pendakian dengan informasi yang sistematis dan akurat sehingga mempermudah kegiatan pendakian gunung dan memperkecil kemungkinan pendaki tersesat di gunung. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) perlu dilakukan sosialisasi Pengembangan Peta Jalur Pendakian Gunung Gamalama, jalur pendakian yang akan menjadi kajian dalam PKM adalah jalur Moya, Kecamatan Ternate Tengah.

 

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh Kelompok pencinta alam, dari kalangan mahasiswa maupun umum. Data yang digunakan dalam pengembangan peta jalur pendakian ini adalah data tracking jalur pendakian gunung, data koordinat dan ketinggian pos pos pendakian gunung, data akses transportasi menuju basecamp pendakian gunung, data waktu tempuh pendakian gunung, informasi perijinan dan syarat mendaki gunung serta dokumentasi foto untuk menggambarkan kondisi jalur pendakian.  Perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Google Earth Pro dan ArcGIS 10.7 yang digunakan untuk pengolahan data pemetaan dan hasil pengolahan data disajikan peta dan akan disosialisasikan kepada masyarakat Kelurahan Moya.


Teks Lengkap:

108 - 113

Referensi


Arya, I. B., Bharata, Y., Mahariani, D., Made, A. A., Dwiantari, A., Budiawan, K. S., Nyoman, N., Apriliyani, T., Rahman, F., Kajian, B.-I., Sumber, K., & Alam, D. (2021). Pemetaan Jalur Pendakian Pada Kawasan Hutan Lindung Bukit Cemara Geseng Via Desa Silangjana Menggunakan Aplikasi Gps Alphine Quest Dan Google Earth PRO. In Jurnal ENMAP (Environment & Mapping) ENMAP (Vol. 2, Nomor 2).

Bronto, S., Hadisantono, R. D., & Lockwood, J. P. (1982). Peta geologi Gunungapi Gamalama, Ternate, Maluku Utara 1: 25,000 [Indonesia]. Direktorat Vulkanologi.

Lailissaum, A., & Kahar, S. (2013). Pembuatan Peta Jalur Pendakian Gunung Merbabu. Jurnal Geodesi Undip, 2(4).

Quinn, D. (n.d.). Mount Gamalama Gunung Bagging. Diambil 10 Februari 2023, dari https://www.gunungbagging.com/gamalama/

Robi Amri, M., Yulianti, G., Yunus, R., Wiguna, S., W. Adi, A., Ichwana, A. N., Randongkir, R. E., & Septian, R. T. (n.d.). RBI RISIKO BENCANA INDONESIA B N P B. Diambil 10 Februari 2023, dari https://inarisk.bnpb.go.id/pdf/Buku RBI_Final_low.pdf

Sukarmin, Y. (1995). Persiapan fisik bagi pendaki gunung: Sebuah alternatif pencegahan kecelakaan. Cakrawala Pendidikan, 87307.

Wood, M. E. (1999). The Ecotourism Society—An International NGO Committed to Sustainable Development. Tourism Recreation Research, 24(2), 119–123.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v3i2.6752

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.