Pemberdayaan Masyarakat Desa Daeo dalam Memanfaatkan Limbah Produksi Tuna Loin menjadi Produk Inovatif

Rinto Muhammad Nur

Sari


Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman tentang manajemen usaha dan pengetahuan tentang pengolahan produk hasil perikanan sampingan menjadi produk bernilai ekonomis. Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam mengolah produk perikanan. Selain itu, juga diharapkan akan terbentuk unit usaha baru yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Daeo Majiko pada bulan Agustus sampai September 2023. Tahapan kegiatan PKM ini meliputi survey dan persiapan, sosialisasi program PKM, sosialisasi dan pelatihan pengolahan limbah tuna loin, sosialisasi dan pendampingan manajemen
usaha, penyerahan alat, serta evaluasi. Produk yang diajarkan kepada mitra adalah nugget, bakso dan stick. Dari hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini diperoleh bahwa terdapat kebermanfaatan bagi masyarakat Desa Daeo (mitra). Mitra dapat menerima dengan baik materi yang disampaikan oleh tim PKM serta mengikuti kegiatan pelatihan dengan senang hati dan serius. Dari hasil evaluasi, tingkat pemahaman mitra tentang pengolahan produk perikanan meningkat. Mitra juga menyatakan akan membentuk usaha karena karena tempat tinggal mereka bersebelahan dengan sekolah, sehingga mitra membaca adanya peluang pasar

Teks Lengkap:

97 - 107

Referensi


Anonimous. (2019). Profil umum SKPT Morotai [Internet]. [diakses 3 Februari 2023]. Diakses dari: http://kkp.go.id/SKPT/Morotai/page/11115-profil-umum-skpt-morotai.

Buckle, K.A., R.A. Edwards., G.H.Feet and M. Wooton. 1987. Ilmu Pangan. Penerjemah Hari Purnomo dan Adiono. Jakata. Universitas Indonesia Prees.

Juliana dan Koniyo Y. (2017) Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Pesisir (PE2P) melalui Diversifikasi Pengolahan Produk Perikanan di Desa Iloheluma Kabupaten Gorontalo Utara. Laporan Akhir KKS Pengabdian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Moniharapon T, Pattipeilohy F. (2016). Pemanfaatan daging merah dari limbah tuna loin dalampengolahan kecap ikan. Majalah Biam. 12(1):27-31.

Musa M. dan Nurfitri T. (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta. Fajar Agung.

Pratama R. I., Rostianti I. dan Kurniawati N. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Keterampilan Produk Olahan Hasil Perikanan di Wilayah yang Terkena Dampak Genangan Jatigede Kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1): 60-63.

Sofia L. A. dan Yunita R. (2021). PKM Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Ikan Patin bagi Poklahsar Al Khalifi. Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat) LPPM ULM. 3(1).

Widowati S. (2003). Prospek Sukun (Artocarpus communis) sebagai Pangan Sumber Karbohidrat dalam Mendukung Diversivikasi Konsumsi Pangan. Majala Pangan Edisi No. 56/XVII/.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v3i2.6803

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.