Peran Literasi dalam Mendorong Kesadaran Lingkungan

Masruroh Masruroh, Daud Yusuf, Sri Maryati, Moch Rio Pambudi, Wiwin Kobi

Sari


Kesadaran lingkungan merupakan hal yang krusial dalam menjaga keberlanjutan alam dan kesejahteraan manusia. Dalam konteks ini, literasi lingkungan memainkan peran penting sebagai alat untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan isu-isu lingkungan. Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran literasi dalam mendorong kesadaran lingkungan dan implikasinya terhadap perilaku serta tindakan nyata dalam menjaga lingkungan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur, sebar angket dan studi kasus. Hasil penelitian dari angket yang disebar menunjukkan 50% sangat setuju dan setuju peran literasi membantu dalam menyadarkan tentang perilaku untuk peduli lingkungan. 77,2% peserta didik terbantu dalam menjaga kebersihan dengan literasi yang ada atau dipraktekan sekolah melalui tulisan-tulisan tentang kebersihan dan peduli terhadap lingkungan. 72,75% peserta didik memiliki kesadaran dalam melakukan kebersihan lingkungan sehari-hari yang dilakukan dirumah dan 59,1% menjawab selalu serta 40,9% menjawab mungkin mengenai mengingatkan orang lain atau teman sebaya untuk selalu membaca slogan kebersihan maupun peduli lingkungan. Dengan demikian penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkuat pemahaman tentang pentingnya literasi lingkungan dalam mendorong kesadaran lingkungan, serta memberikan panduan bagi pengembangan program-program literasi lingkungan yang efektif dan berkelanjutan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.


Kata Kunci


Peran Literasi, Kesadaran, Lingkungan

Teks Lengkap:

19 - 26

Referensi


Ardhiana, A. E. P. (2022). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Https://Uinsaid.Ac.Id/Id/Peran-Literasi-Dalam-Meningkatkan-Mutu-Pendidikan-Di-Era-Milenial#:~:Text=Kemampuan%20literasi%20dapat%20memberdayakan%20dan,Memberantas%20kemiskinan%2C%20dan%20terwujudnya%20pembangunan.

Cahya Rohim, D., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Direktorat Sekolah Dasar. (2021, April). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Yuk-Mengenal-6-Literasi-Dasar-Yang-Harus-Kita-Ketahui-Dan-Miliki.

Fitria, Y. (2022). Literasi Lingkungan Dalam Praktik Pendidikan Sains (Yulita, Ed.; 1st ed., Vol. 1).

Galih Marlyono, S., & Kamil Pasya, G. (2016). PERANAN LITERASI INFORMASI BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA MASYARAKAT JAWA BARAT. Gea. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(2).

https://lmsspada.kemdikbud.go.id. (n.d.). Literasi Materi Topik 6. Https://Lmsspada.Kemdikbud.Go.Id/Pluginfile.Php/33273/Mod_resource/Content/1/Materi%20topik%206.Pdf.

Mawardi, P., Nurhakim, I., & Veriansyah, I. (2023). Pengembangan Modul Literasi Lingkungan melalui Program Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6609–6619. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5351

Nasution, R. (2016). Analisis Literasi Lingkungan Siswa Sma Kelas X Di Samboja Dalam Pembelajaran Biologi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sarasuni, F. (2021). Pengaruh kesadaran lingkungan dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian. 13(2), 224–231. http://bit.ly/kuisionerNatur-E

Sari, M., Afandi, & Marlina, R. (2020). Pentingnya Literasi Lingkungan Dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan .




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v4i1.7540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.