Sosialisasi Tempat Ibadah Ramah Anak di Masjid Al Maliki Perum Low Permai Ngade

Amat Umron, Witono Hardi, Tri Suyono, Bambang Tjiroso, Iwan Gunawan

Sari


Pengabdian kepada Masyarakat yang dijalankan di masjid Al Maliki komplek Perum Low Permai Ngade bertema “Sosialisasi Tempat Ibadah Ramah Anak”. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh minimnya masjid yang berorientasi pada kepentingan anak yang mampu menghargai hak-hak anak serta melindungi mereka dari berbagai bentuk kekerasan dan diskriminasi. Masjid dan rumah ibadah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kesadaran masyarakat untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak di tingkat komunitas. Masjid dan rumah ibadah dalam kegiatan sehari-hari dapat difungsikan tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga sebagai pusat pengasuhan dan pendidikan bagi anak-anak dan orang dewasa, serta keluarga yang menjadi jamaah masjid. Pengetahuan jamah pada umumnya dan pengurus masjid pada khususnya terkait masjid ramah anak, masih sangat minim dan perlu diperdalam. Melalui kegiatan PKM jamaah dan pengurus masjid selain diberikan sosialisasi, juga diberikan tindakan konkret yang solutif untuk mengatasi masalah dari permasalahan tersebut. Sehingga luaran dari PKM yang didapatkan adalah memberikan pemahaman kepada para pengelola masjid dan pemangku kepentingan dalam pembentukan dan pengembangan masjid ramah anak, sehingga menjadi acuan dalam melaksanakan pemantauan dan evaluasi, serta menjadikan masjid menjadi tempat yang nyaman untuk anak dalam melakukan aktivitas yang positif, inovatif dan kreatif.

 


Kata Kunci


Masjid_ramah anak_kreativitas_sosialisasi

Teks Lengkap:

27 - 33

Referensi


Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesi, Kementerian Agama Republik Indonesi dan Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia “ Buku Pedoman Masjid Ramah Anak (MRA)”. Jakarta.

Anggarani, R., & Prasasti, N. (2023). Implementasi Manajemen Masjid Ramah Anak Di Masjid Asy Syuhada Kota Bontang. Swatantra, XXI(2), 169178.

Hasballah, R. (2022). Pemahaman Jama’ah Tentang Konsep Masjid Ramah Anak (Studi di Masjid Al-Ihklas Desa Meringang Kec. Dempo Selatan Kota Pagar Alam Sumatera Selatan). Tugas Akhir UIN Fatmawati.

Musyanto, M. H., & Zakiyudin, I. (2021). Implementasi Manajemen Masjid Ramah Anak Di Masjid Ar Rahmah Perak Utara Surabaya ( Implementation of Children-Friendly Mosque Management in Ar Rahmah Mosque North Perak of Surabaya ) Informasi Artikel. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar Rahmah, 4, 15–20.

Umron, A., Hardi, W., Gunawan, I., Aksi Sosial Pembersihan Lingkungan Masjid Al Maliki Dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H di Kompleks Perum Low Permai Ngade. Journal Of Khairun Community Services (JKC). Volume 3 No. 1 April 2023.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v4i1.7980

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.