Penerapan Konsep Ekowisata Dalam Pengembangan di Obyek Wisata Pantai Tobololo, Kota Ternate

Muslim Fadel, Fitria Soamole

Sari


Kota Ternate memiliki beberapa destinasi wisata andalan, salah satunya yaitu obyek wisata pantai Tobolo dengan menampilkan keindahan pantai sebagai daya tarik utamanya. Sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata ini dan memberikan dampak positif secara ekonomi kepada masyarakat sekitar. Maka dipandang perlu untuk dapat menerapkan sebuah konsep yang tepat agar bisa mempertahankan keindahan alam, meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan dan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar agar dapat berkelanjutan. Apabila tidak berhati-hati dalam pengelolaan maka sudah dipastikan akan memberikan dampak negatif kepada lingkungan dan ekonomi masyarakat. Penerapan konsep ekowisata menjadi solusi yang tepat untuk dapat menghindari dan meminimalisir dampat negatif yang akan ditimbulkan. Konsep ekowisata memberikan perhatian serius terhadap pelestarian lingkungan, pemberdayaan masyarakat lokal, dan pendidikan lingkungan. Kegiatan sosialisasi tentang penerapan konsep ekowisata ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan kesadaran kepada pengelola dan masyarakat akan pentingnya mebuat sebuah konsep yang tepat dalam mengelolah sebuah obyek wisata yang berbasis alam. Konsep ekowisata disebagian masyarakat belum begitu mengetahui, namun dalam prakteknya sudah ada nilai-nilai dalam konsep ekowisata yang sudah diterapkan, namun belum maksimal dilakukan. 

 


Kata Kunci


Pantai Tobololo, Wisata Alam, Konsep Ekowisata

Teks Lengkap:

45 - 49

Referensi


Demartoto, A dan Sugiarti, R. 2009. Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Penerbit: Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Fandeli, C dan Nurdin. 2005. Pembangunan Ekowisata Berbasis Konservasi di Taman Nasional. Penerbit: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Hakim, L. 2004. Dasar – Dasar Ekowisata. Penerbit: Bayumedia Publishing. Malang, Jawa Timur.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v4i1.7981

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.