Pelatihan Penggunaan Instrumen Tes Skill Numerik Sebagai Upaya Peningkatan Kecepatan dan Ketepatan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 5 Suwawa

Wahyu Mu’zizat Mohamad, I Made Hermanto, Harsano Jayadi, Icha Untari Meidji

Sari


Pelatihan penggunaan instrumen tes skill numerik dilaksanakan untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan berhitung siswa di SDN 5 Suwawa, yang masih menunjukkan kesulitan dalam menyelesaikan soal berhitung sederhana secara cepat dan akurat. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan numerik dasar yang esensial bagi pembelajaran matematika dan bidang ilmu lainnya. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam Program Kampus Mengajar 7 (KM 7) Tahun 2024, melibatkan mahasiswa dan guru dengan metode tatap muka di ruang kelas. Tahapan pelatihan mencakup penjelasan teori, simulasi soal berhitung, dan permainan numerik yang edukatif dan interaktif untuk meningkatkan minat siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan signifikan dalam kecepatan dan ketepatan berhitung setelah mengikuti pelatihan. Selain berdampak positif pada siswa, pelatihan ini juga membantu guru dalam memonitor dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran matematika berdasarkan kebutuhan individu siswa. Kesimpulannya, penggunaan instrumen tes skill numerik terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa sekaligus menjadi alat bantu evaluasi bagi guru dalam pembelajaran numerik yang lebih terarah dan berkelanjutan.


Kata Kunci


Pembelajaran Matematika, Skill Numerik, Siswa, Guru

Teks Lengkap:

116 - 121

Referensi


Aji, W. P., Hayati, U., & Basysyar, F. M. (2024). Analisa Pengelompokkan Data Nilai Rapot Siswa Menggunakan Pendekatan Metode K-Means Di SMK Ponpes Manba’ul Ullum Cirebon. Kopertip: Scientific Journal of Informatics Management and Computer, 8(1), 14–18.

Ajie, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Dengan Bahan Ajar Desain Didaktis Terhadap Kemampuan Numerik Peserta Didik PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Landasan Pendidikan di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fahmi, A. I., Momon, M., & Ramadanti, B. S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Media Kartu Angka Di Kelas B RA Aisyah Kecamatan Telukjambe Barat. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 133–142.

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528.

Indrawati, F. A. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar: Menginspirasi dan Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mutiani, R., & Suyadi, S. (2020). Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah dan Perkembangannya. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.278

Pradana, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Ditinjau dari Intelegence Quotient (IQ) Siswa PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Sari, A. S. (2023). Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Berbasis Indikator Kinerja Utama Menggunakan Block-Based K-Medoids Partitioning Method PhD Thesis, Universitas Islam Indonesia.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435–448.

Yudantari, N. K. D. K., Suma, I. K., & Suastra, I. W. (2023). Hakikat Penilaian Bahasa, Perbedaan Penilaian, Pengukuran dan Evaluasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 61–67.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v4i2.9134

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor slot