PERANCANGAN DAN PELATIHAN WEBSITE PROFIL KELURAHAN RUM UNTUK MENDUKUNG PENYELENGGARAAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK DI KANTOR KELURAHAN

Abdul Mubarak, Salkin Lutfi, Muhammad Sabri Ahmad, Arifandy Mario Mamonto

Sari


Kantor Kelurahan Rum merupakan salah satu kantor Kelurahan yang ada dalam wilayah adminsitrasi Kota Tidore Kepulauan yang seharusnya memiliki sebuah website untuk mendukung keterbukaan informasi publik dalam pelayanannya. Masalah yang dihadapi oleh pihak kantor Kelurahan Rum saat ini yaitu belum adanya aparatur yang mampu untuk membuat itu secara mandiri sehingga diperlukan suatu program kerjasama dengan pihak luar untuk mengadakan hal tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu program kerjasama salah satunya dengan pihak perguruan tinggi melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Metode pelaksanaan program ini yaitu melalui program PKM Kubermas Universitas Khairun. Hasil dari PKM ini yaitu adanya aplikasi website profil Kelurahan Rum yang dapat digunakan oleh kantor Kelurahan Rum untuk melakukan pelayanan informasi dan layanan lainnya kepada masyarakat. Melalui website profil Kelurahan Rum terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat diantaranya yaitu, pelayanan informasi pengumuman kelurahan, statistik penduduk dan pelayanan persuratan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun hasil selanjutnya yaitu berupa luaran program PKM yaitu, publikasi di jurnal nasional, Publikasi vidio kegiatan pada media sosial youtube dan tiktok serta berita pada media online.

Kata Kunci


PKM, Community Service, Sistem Informasi, SPBE, Kelurahan, Website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. S. Muharam, “Inovasi Pelayanan Publik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Bandung,†Decision: Jurnal Administrasi Publik, vol. 1, no. 01, pp. 39–47, 2019.

B. Muhammad and A. Bahar, “Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan,†Teknik Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 877–1021, 2016.

Pemerintah Indonesia, “Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publikâ€, Kementerian Hukum dan HAM RI, 2008.

Pemerintah Indonesia, “Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronikâ€, Kementerian Hukum dan HAM RI, 2018.

Pemerintah Indonesia, “Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasionalâ€, Kementerian Hukum dan HAM RI, 2023

A. Ibrahim, dkk, “Peran Pemerintah Kelurahan Dalam Pencegahan Minuman Keras Di Kota tidore Kepulauanâ€, Jurnal Government dan Archipelago, Vol. 1, No. 1, pp. 8-16, 2020

A. Mubarak, dkk “Sistem Informasi Kependudukan Kantor Kelurahan Jati Kota Ternateâ€, JKC, Vol. 3, No. 1, pp. 22-27, 2023

Nofyat, Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. IJIS - Indonesian Journal on Information System, 3(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v3i1.37




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v5i1.9377

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
Information

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.