ANALISIS MODEL DESAIN BANGUNAN BANK SAMPAH DI KELURAHAN TARAU KECAMATAN KOTA TERNATE UTARA

Ardi Basri, Asri A. Muhammad, Hery Purnomo

Sari


Abstrak

 

Sampah merupakan permasalahan laten yang terjadi di Indonesia. permasalahan sampah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Melalui Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle Melalui Bank Sampah, menjadi salah satu alternatif penanggulangan masalah sampah. Bank Sampah dapat dioptimalkan di tingkat kelurahan sampai perkotaan sesuai dengan standard yang telah di tetapkan dalam Permen LH no. 13 tahun 2012. Kelurahan Tarau di Kecamatan Ternate Utara, memiliki satu buah Bank Sampah yang pengelolaannya masih bersifat individu dan belum memenuhi standard dari peraturan pemerintah. Melalui penelitian ini, diharapkan bangunan Bank Sampah yang ada di Kelurahan Tarau dapat dioptimalkan secara pengelolaan maupun standard bangunan dan dapat menjadi salah satu alternatif solusi permasalahan sampah di kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk dapat menjawab tujuan dari penelitian ini dengan tahapan survey lapangan, analisis data, konsep rancangan dan tahap desain. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendesian bangunan Bank Sampah sesuai standard Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012.

Kata kunci: Bank Sampah, Kelurahan Tarau, Standard, Ternate


Kata Kunci


Bank Sampah, Kelurahan Tarau, Standard, Ternate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

S. Yusa Eko Saputro, Kismartini, “Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah,” Indones. J. Conserv., vol. 04, pp. 83–94, 2015.

A. S. Suryani, “( STUDI KASUS BANK SAMPAH MALANG ) ( A Case Study of MalangWaste Bank ) Anih Sri Suryani,” Aspirasi, pp. 71–84, 2014.

Bada Pusat Statistik Kota Ternate, “Kota Ternate Dalam Angka 2018,” 2018.

J. Sahil, M. Henie, I. Al, F. Rohman, and I. Syamsuri, “Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate,” Bioedukasi, vol. 4, no. 2, 2016.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup, “PERATURAN MENTERI NEGARA LINGKUNGAN HIDUP REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2012 TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN REDUCE, REUSE, DAN RECYCLE MELALUI BANK SAMPAH,” 2012.

T. Aryenti, Kustiasih, “KAJIAN PENINGKATAN TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH SEMENTARA SEBAGAI TEMPAT PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU Increasing of Temporary Disposal Site as an Integrated Waste Management,” Permukiman, vol. 8, no. 2, pp. 89–97, 2013.

W. P. Bahtiar, Zulkifli Ahmad, “Sampah Rumah Tangga di Ternate Sampah Rumah Tangga di Ternate,” no. May, 2019.

I. I. R. Endang Wahyuningtyas , Lubena, “model skematik desain bangunan Bank Sampah di Depok Jawa Barat,” vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/josae.v4i2.3683

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi,  Kota Ternate, Indonesia.

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.