Pengaruh Model Pembelajaran Inkuitri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Pulau Morotai Pada Materi Minyak Bumi Dan Gas Alam
Sari
Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan mengunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 5 Pulau Morotai pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 45 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel 22 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakn untuk menggukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for windows versi 21.0. hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh thitung > ttabel atau 8,970 > 1,717 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai gain 0,31 (kategori sedang).
Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Minyak Bumi Dan Gas alam,
Abstract
This type of research is pre-experimental research using the One Group Pretest-Posttest Control Design research design. The population in this study were all of the tenth grade students of SMA Negeri 5 Morotai Island in the 2022/2023 academic year, totaling 45 students divided into two classes. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 22 people. The test instrument used in this study was in the form of essay questions of 10 items which were used to measure students' cognitive learning outcomes. Data analysis technique is a data analysis technique is a descriptive statistical analysis technique and inferential statistical analysis using SPSS for windows version 21.0. the results of hypothesis testing in this study obtained tcount > ttable or 8,970 > 1.717 then Ha was accepted and H0 was rejected. The influence of the guided inquiry learning model on student learning outcomes obtained a gain value of 0.31 (moderate category).
keywords: Learning Outcomes, Guided Inquiry, Petroleum and Natural Gas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Lovisia, E., (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. SPEJ (Science and Phsics Education Journal. 2(1). 1-10. DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Asni, A., , Wildan W., Hadisaputra, S. 2020. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon pada kelas XI PMIPA SMAN 1 WOHA . Chemistry Education Practice (CEP). 2(1). 1—8. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450
Idhayani, N., Nasir, N., dan Jaya, H. N. 2020. Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Wardani. S., Setiawan, S., dan Supardi, K.I., 2016. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Oral Activities Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 10(2). DOI: https://doi.org/10.15294/jipk.v10i2.9527
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i2.7253
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.